RADAR JOGJA – Komunitas Kopi Nusantara bekerja sama dengan Sleman City Hall menggelar Sleman Kopi Festival, 20-22 November 2020. Bertempat di Garden Lt 1 Sleman City Hall, Sleman Kopi Festival tahun ini merupakan kali kedua sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019.

Pengunjung dapat mencicipi beragam jenis kopi dari penjuru nusantara. Selain itu, diadakan pula acara lomba Latte Art Aeropress pada Jumat (20/11) dan Sleman Brewers Championship pada Sabtu (21/11). Sedangkan pada hari Minggu (22/11) digelar talkshow seputar kopi yang membahas perkebunan dan proses pasca panen, industry roastery, peran barista dalam membangun industri kopi serta industri kopi di mata konsumen dan seniman. Panitia juga menggelar acara PUBG Mobile Offline Tournament dimana para komunitas game online dapat berkumpul dan mengikuti lombanya. Turut dimeriahkan oleh para bintang tamu seperti Kranz, Kazzmir, Megantoro dan Megahits.

Salah satu peserta owner PT Crema Bali Indonesia Aloysius Rahardi  mengungkapkan, kondisi pandemi saat ini tidak menyurutkan minat konsumen pada kopi.

“Jadi kalo masalah pandemi, semua usaha pasti kena. Tapi kebetulan sih kalo coffee shop, lalu yang berhubungan sama kopi gitu di Jogja cukup baik,” ujarnya.

Rahardi mengatakan operasional usaha kopi miliknya dapat berjalan dengan baik meskipun di tengah pandemi ini. Oleh karena itu dia mengikuti festival kopi ini agar dapat bertemu pengusaha kopi yang sama-sama memperkenalkan produknya kepada masyarakat. 

Dia menilai ajang ini merupakan kesempatan yang bagus untuk memperkenalkan bisnis miliknya.

Harapannya, produk kopi lokal dapat dilirik tidak hanya secara nasional namun hingga kancah internasional. (sce/tif)

Event