RADAR JOGJA – Momen libur lebaran ini dimanfaatkan banyak pemudik untuk berlibur. Tak sekadar liburan tapi juga belajar. Itulah yang membuat pengunjung wisata edukasi Taman Pintar Jogja meroket di liburan kali ini. Semula hanya 300 hingga 400 pengunjung saat ramadan, naik menjadi ribuan orang per hari. Bahkan saat lebaran hari ketiga (4/5) tercatat setidaknya ada 3.968 pengunjung dalam sehari.

Kepala Seksi Kerjasama dan Pemasaran Taman Pintar Karmila mengatakan, pengunjung mengalami kenaikan signifikan saat ramadan, jelang hari raya, dan H+2 lebaran.”Peningkatan jelang lebaran 29 April sekitar 700 pengunjung. Kemudian setelah 3 Mei antara 3.000-4.000 pengunjung, kenaikan sekitar 10 kali lipatnya,” jelasnya kemarin (5/4).

Lebih lanjut ia mengatakan, Taman Pintar hanya libur saat lebaran hari pertama saja. Selanjutnya pada lebaran hari kedua (3/5) sudah dibuka kembali dengan total 2.699 pengunjung. Dengan adanya kenaikan jumlah pengunjung saat libur lebaran diharapkan target tahunan dapat tercapai. “Tidak ada target khusus saat Idul Fitri tapi yang jelas sudah ada peningkatan hari biasa. Hampir 50 persen dari bulan biasa. Tahun ini target 600 ribu biasanya target 1 jutaan, kami revisi,” jelasnya.

Revisi target pengunjung dilakukan mengingat masih ada pandemi Covid-19. Namun adanya kebijakan dari pemerintah dengan memperbolehkan mudik hari raya dan cuti bersama maka pihaknya optimis. Terlebih target triwulan pertama sudah terpenuhi.”Target triwulan pertama ada 142 ribu pengunjung. Kami sudah 162 ribu melebihi target,” imbuhnya.

Meskipun jumlah pengunjung meroket hingga ribuan per hari namun pihaknya berkomitmen tidak mengabaikan faktor kesehatan. Protokol kesehatan Covid-19 tetap diberlakukan secara ketat. Mengingat pandemi belum berakhir. Saat masuk area Taman Pintar, seluruh pengunjung juga diwajibkan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.”Cleaning service selalu stand by dan pembersihan di dalam wahana, sehari tiga kali. Terutama tempat yang biasa disentuh pengunjung. Termasuk menegur yang tidak bermasker. Sounding prokes terus,” jelasnya.

Salah satu pengunjung asal Cikampek Jawa Barat, Yulianto mengatakan tidak mudik ke Jogja selama dua tahun belakangan. Sehingga lebaran kali ini dimanfaatkan sebaik mungkin. Taman Pintar menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib ia dan anak-anaknya kunjungi.”Taman Pintar itu tempat favorit jangan sampai ga ke sini. Meski ramai tetap diusahakan karena biar anak-anak belajar. Lagian kami sudah vaksin insyaallah aman,” ujarnya. (cr4/pra)

Wisata