KULONPROGO – Kawasan wisata Ayunan Langit Watujaran Purwosari Girimulyo Kulonprogo menjadi tempat diselenggarakannya Gelar Potensi Seni Desa Wisata Purwosari, Minggu (28/4). Kegiatan ini menampilkan Tari Angguk Putri Sekar Kencono Dewi Purwosari, Jathilan Estu Budoyo dari Tegalsari Purwosari, dan Kesenian Incling Budi Sarwo Bekso dari Sabrangkidul Purwosari.

“Kami merasa perlu membuat suatu kegiatan yang bertujuan untuk lebih meningkatkan brand image pariwisata Kulonprogo, sekaligus meningkatkan kekompakan dan kerja sama antar pelaku wisata.” kata Kiswantoro Adi Nugroho, selaku panitia acara gelar potensi seni.

Selain itu, desa budaya Purwosari dikenal sebagai desa wisata berbasis alam, dengan adanya Goa Rancang Kencono, Curug Glimpang, dan ayunan di atas tebing menjadi unggulan objek wisata Ayunan Langit Watujaran dapat menambah kunjungan wisata.

Kegiatan ini juga dimeriahkan pameran potensi dan produk wisata Kulonprogo. Yakni menampilkan produk-produk wisata dan pendukung wisata se-Kabupaten Kulonprogo. Khususnya dari desa wisata dan wisata berbasis komunitas yang lain.

Wardoyo selaku Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY mengatakan, gelar potensi seni desa wisata Purwosari menjadi salah satu upaya menumbuhkan semangat mencintai kebudayaan Jawa. Serta melestarikan budaya nusantara yang mulai tergerus oleh perkembangan zaman.  “Diharapkan dengan adanya gelar potensi ini menambah jumlah kunjungan dari objek wisata Ayunan Langit Watujaran. (*/a1/din/zl)

Wisata