PAD Sektor Pariwisata Jeblok

Capaian pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata diprediksi meleset dari target yang sudah ditentukan. Faktor pariwisata yang belum sepenuhnya pulih dari pandemi Covid-19 dan menurunnya minat beli masyarakat karena dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) disebut sebagai penyebabnya.

Jumlah Wisatawan Diprediksi Turun

Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) berpotensi dapat menghajar sektor pariwisata di Bantul. Sebab, biaya transportasi dan kuliner yang akan dihabiskan wisatawan turut meningkat.

Soto Ayam Pak Dalbe Bisa Habiskan 400 Porsi Sehari

Salah satu spot kuliner di Kota Jogja yang selalu ramai dan menjadi rujukan para wisatawan adalah Soto Ayam Pak Dalbe. Berlokasi di kompleks perkantoran Jalan Jenderal Sudirman, Terban, Gondokusuman,  Jogja.

Situs Sokoliman, Wisata Minat Khusus

Situs Sokoliman berlokasi di Padukuhan Sokoliman II Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo. Destinasi wisata minat khusus ini cocok untuk wisatawan yang suka dengan sejarah petualangan masa lampau.

Menembus Kahyangan dari Lereng Merbabu

Magelang tak pernah habis menawarkan daya tarik wisatanya. Tidak hanya Candi Borobudur saja yang mampu menggaet wisatawan, ada puluhan objek wisata lain yang juga tak kalah menarik.

Menjajal Eksotisme Camping Ground Nawang Jagad

Nawang Jagad ialah salah satu camping ground di daerah Padukuhan Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Lokasinya sangat strategis. Sebab dapat melihat Gunung Merapi diapit oleh bukit Turgo dan Plawangan.

Sempat Ditutup, Nepal Van Java Dipadati Pengunjung

Destinasi wisata Nepal Van Java di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang dipadati pengunjung pada akhir liburan Lebaran 2022 ini. Sebagai persiapan, bahkan sebelumnya, objek wisata tersebut tutup mulai 25 April hingga 4 Mei kemarin.

Usai Lebaran saatnya Liburan

Momen libur lebaran ini dimanfaatkan banyak pemudik untuk berlibur. Tak sekadar liburan tapi juga belajar. Itulah yang membuat pengunjung wisata edukasi Taman Pintar Jogja meroket di liburan kali ini. Semula hanya 300 hingga 400 pengunjung saat ramadan, naik menjadi ribuan orang per hari. Bahkan saat lebaran hari ketiga (4/5) tercatat setidaknya ada 3.968 pengunjung dalam sehari.

Tindak Tegas Pelaku Nuthuk

Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja yakin, pelaku industri wisata tidak akan melakukan aksi yang mencoreng citra pariwisata. Sebab hal itu dinilainya sebagai aksi yang sama dengan “bunuh diri”.
Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi (HP) mengatakan, tidak akan menoleransi pelaku nuthuk. Kalau kedapatan, bukan hanya oknumnya yang akan diberi sanksi.

Sajikan Kambing Guling ala-ala Sultan

Win Suwarto, 45, warga Desa Wonosari, Kebumen mampu menangkap peluang bisnis kuliner kambing guling di tengah perubahan perilaku masyarakat. Ia memilih kambing guling menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang kini cenderung semakin ingin dimanja soal menu makanan.
Kambing guling dihadirkan dengan konsep memberi kesan istimewa kepada pemesan.

Parangtritis Jadi Primadona Wisatawan

Destinasi wisata pantai di Bantul masih menjadi favorit wisatawan dari berbagai daerah saat libur Lebaran tahun ini. Tercatat 33 ribu wisatawan memadati pesisir selatan yang ada di Bantul pada hari kedua setelah Lebaran.

Teras Malioboro Tak Setenar Beringharjo

Kekhawatiran masih menghinggapi pedagang Teras Malioboro. Sampai dengan libur Lebaran, dagangan mereka tak seramai seperti saat berjualan di pedestrian Malioboro.

Pelaku Wisata Wajib Inovasi Hadapi Pandemi Covid-19

Kepala Dinas Pariwisata DIJ Singgih Raharjo mendorong pelaku usaha sektor wisata terus berinovasi dan beradaptasi. Salah satunya menawarkan paket wisata dengan penyeduaian pandemi Covid-19. Tujuannya agar para wisatawan yang datang terjamin keamanan, kesehatan dan kenyamanan selama berkunjung.

Wisata Keraton Buka, Kunjungan Mulai Menggeliat

Keraton Ngayogykarta Hadiningrat mulai membuka pintu bagi wisatawan. Walau begitu istana kerajaan tetap memberlakukan aturan  protokol kesehatan secara ketat. Salah satunya wajib untuk pengunjung usia 12 tahun keatas.

Cuti Bersama Nataru Dihapus, HB X Berharap Tak Ada Klaster Covid-19

Gubernur DIJ Hamengku Buwono X (HB X) mengapresiasi penghapusan libur cuti bersama Natal dan Tahun Baru (Nataru). Menurutnya kebijakan pemerintah pusat tersebut sebagai langkah yang bijak. Terutama dalam mengantisipasi munculnya kasus bahkan kalster Covid-19 gelombang ketiga.

Destinasi Wisata Belum Buka, Keraton Tunggu Kebijakan Pemerintah

Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridhomardowo KPH Notonegoro memastikan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tetap patuh pada aturan pemerintah. Khususnya penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kaitannya adalah pembukaan destinasi wisata Keraton.

Wisatawan Keluarga Mulai Datangi GL Zoo

Pasca diskresi kebijakan kunjungan wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) dibanjiri pengunjung. Mayoritas adalah keluarga yang membawa anak dibawah 12 tahun. Pengunjung mulai mendatangi kebun binatang ini sejak pagi hari.