RADAR JOGJA – Bali sudah menjadi destinasi wisata favorit wisatawan domestik sejak puluhan tahun lalu. Letaknya tak jauh dari Jabodetabek sehingga bisa ditempuh dalam waktu beberapa jam via pesawat terbang. Selain memiliki kekayaan alam dan budaya yang istimewa, fasilitas di Bali juga semakin lengkap sehingga membuat aktivitas liburan semakin nyaman.

Saat ini ada banyak villa murah di Bali untuk para wisatawan yang berlibur bersama rombongan besar. Salah satu rekomendasi villa di Bali yang nyaman dan harganya terjangkau adalah Aqilah Villa di kawasan Legian, Kuta Bali. Villa populer yang satu ini sangat diminati karena lokasinya strategis dan fasilitasnya lengkap.

Wisatawan dapat melakukan reservasi Aqilah Villa atau berbagai villa lainnya melalui Traveloka. Tak hanya memfasilitasi reservasi penginapan secara praktis, Traveloka juga siap membantu wisatawan memilih villa dengan harga dan fasilitas terbaik. Liburan ke Bali jadi semakin hemat dan menyenangkan dengan dukungan penuh Traveloka.

Selain menyiapkan akomodasi secara lengkap, berburu oleh-oleh juga menjadi agenda penting yang mesti dilakukan para wisatawan. Momen liburan ke Bali belum lengkap tanpa membawa pulang beragam oleh-oleh khas berikut ini:

Pie Susu

Camilan yang satu ini merupakan oleh-oleh Bali yang sangat populer. Berbeda dengan pie susu biasa, pie susu khas Bali memiliki tekstur yang lebih kering dan tipis sehingga lebih renyah dan tahan lama saat disimpan di luar ruangan.

Beragam varian pie susu Bali sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang terdekat karena dikemas dengan ukuran mini yang menarik. Pilihan rasanya pun beragam, seperti original, keju, dan cokelat.

Kue Pia

Bukan hanya pie susu yang populer sebagai oleh-oleh khas Bali. Ada satu jenis kudapan lagi yang tak kalah menarik, yaitu kue pia. Pia khas Bali dikenal memiliki ukuran besar, tekstur renyah, dan rasa yang sangat lezat. Varian isi pia Bali yang paling populer adalah kacang hijau, cokelat, dan keju.

Popularitas kue pia Bali bahkan membuat para wisatawan antre berjam-jam hanya demi membawa pulang dua kotak kue pia. Beberapa merek kue pia Bali yang terkenal antara lain Pia Legong dan Pia Eiji.

Kacang Disco

Bali juga memiliki camilan khas yang disebut kacang disco. Olahan kacang disco sebenarnya mirip dengan kacang telur dan cara membuatnya cukup mudah. Kacang tanah yang sudah dibersihkan dibalut dengan adonan dan tepung dan rempah-rempah lalu digoreng hingga renyah.

Sekarang, kacang disco divariasikan dengan berbagai rasa seperti balado, udang, keju, dan barbeque sehingga rasanya lebih nikmat dan tidak membosankan.

Kacang Asin

Wisatawan yang lebih menyukai olahan kacang tanah tanpa balutan adonan tepung bisa memilih varian oleh-oleh lain berupa kacang asin. Proses pembuatan kacang asin sebenarnya sederhana seperti kacang bawang.

Namun, cita rasanya sangat nikmat karena gurih dan renyah. Oleh-oleh ini juga masih jadi primadona karena tahan lama bahkan bisa disimpan hingga berbulan-bulan.

Dodol Buleleng

Tak banyak orang yang tahu kalau Bali juga memiliki oleh-oleh dodol yang menyerupai dodol betawi. Dodol buleleng masih diolah secara tradisional dan dibungkus dengan daun jagung kering sehingga aroma dan cita rasanya sangat khas.

Bentuk oleh-oleh ini terlihat seperti guling dan dijajakan dengan cara digantung. Wisatawan tak perlu khawatir dengan daya tahan oleh-oleh ini karena dodol buleleng bisa bertahan hingga 3 minggu di luar ruangan.

Kaus Barong

Oleh-oleh otentik khas Bali selain makanan yang tak boleh dilewatkan adalah kaos barong. Kaos barong khas Bali dikenal unik karena sifat bahannya sangat sejuk dan warna-warnanya mencolok.

Ciri khas kaos barong Bali yang tidak ditemukan pada pakaian lain adalah rumbai-rumbai pada bagian ujungnya. Tak mengherankan kalau oleh-oleh ini sangat populer dan selalu diburu wisatawan. Harganya juga sangat terjangkau sehingga tidak menguras bujet liburan.

Kain Pantai

Varian oleh-oleh menarik lainnya dari Bali adalah kain pantai. Keistimewaan kain pantai khas Bali adalah corak bunga-bunga yang istimewa, sifat bahan yang sejuk dan lembut, serta warna yang cerah. Tak hanya bisa dijadikan oleh-oleh, kain pantai Bali juga dapat langsung digunakan ketika berlibur ke pantai.

Cokelat

Bali merupakan salah satu daerah penghasil kakao terbaik di Indonesia. Itulah sebabnya Bali juga memiliki oleh-oleh khas berupa varian cokelat berkualitas. Biji cokelat premium diolah dengan bahan-bahan pilihan lainnya untuk menghasilkan kudapan cokelat berkualitas tinggi.

Kini, oleh-oleh cokelat Bali juga dikemas secara modern dan menarik sehingga tahan lama dan sangat cocok untuk oleh-oleh. Beberapa merek cokelat Bali yang populer antara lain Heavenly Chocolate, Cokelat Luwak, Pod Chocolate, dan Baline Chocolate.

Kesimpulannya, wisatawan tak boleh lupa menyiapkan bujet khusus agar bisa berburu oleh-oleh Bali sampai puas. Buah tangan istimewa dari Pulau Dewata pasti membuat orang-orang terdekat riang gembira. (*/ila)

Weekend