JOGJA – Meski sedang direnovasi, Taman Pintar (Tampin) siap menyambut wisatawan selama libur lebaran kali ini. Peningkatan biasa terjadi mendekati hari H lebaran. Tidak hanya dari Jogjakarta, pengunjung juga didominasi dari luar kota.

“H-3 itu sudah mulai terlihat ramainya. Biasanya rombongan atau keluarga yang menikmati liburan di Jogjakarta. Kalau target kunjunga ya delapan sampai sembilan ribu perharinya,” jelas Kepala Bidang Taman Pintar Dinas Pariwisata Kota Jogja Afia Rosdiana kemarin.

Khusus pada hari H lebaran, Taman Pintar tetap buka. Hanya saja jam operasional diawali 13.00. Selanjutnya berlangsung normal untuk hari berikutnya. Dimana wahana mulai beroperasi dari 09.30 hingga 17.00.

Sesuai konsepnya, Taman Pintar tetap mengedepankan edukasi sains. Tidak hanya sebagai penikmat, pengunjung juga bisa berinteraksi. Terutama di beberapa wahana untuk melihat hasil eksperimen. Tujuannya tentu menambah ilmu pengetahuan, khususnya bagi pengunjung anak-anak.

“Sains tapi dikemas secara menyenangkan. Itulah mengapa pengunjungnya tidak hanya anak-anak, karena kadang orang dewasa juga tertarik menjajal. Karena benar-benar ada interaksi bukan sekadar menonton,”ujarnya.

Beragam wahana siap menyambut pengunjung. Mulai dari zona perbintangan, wahana dinosaurus hingga robotik. Seluruhnya tertata rapi dalam alur kunjungan. Sehingga pengunjung tidak akan melewatkan satu wahana edukasi Taman Pintar.

Khusus untuk gedung utama, Taman Pintar memiliki 54 zona. Seluruhnya tersaji dalam satu tiket terusan. Khusus untuk anak-anak, tiket dipatok harga Rp 12 ribu. Sementara untuk pengunjung dewasa dipatok harga Rp 20 ribu.

“Untuk zona planetarium akan menambah jam pemutaran film jadi delapan kali. Kalau hari biasa hanya lima kali pemytaran. Untuk tiket masih flat, tidak ada kenaikan harga,” katanya.

Selain wahana gedung utama adapula zona interaktif kerajinan tangan. Berada di sisi barat, zona ini menyajikan beragam pilihan. Mulai dari membatik tulis hingga gerabah tanah liat. Pengunjung bebas berkreasi tentu dengan mengedepankan kearifan lokal.

Terkait operasional, Afia memastikan Taman Pintar siap menyambut pengunjung. Ini karena perbaikan telah dilakukan sejak awal Mei. Termasuk perwajahan baru kawasan muka Taman Pintar. Walau masih dalam tahapan pembangunan, namun dipastikan tidak mengganggu kunjungan.

“Kami memanfaatkan momen puasa, karena kunjungan tidak ramai sehingga bisa memperbaiki sejumlah fasilitas. Perwajahan sama seperti pedestrian Kotabaru dan Malioboro,” jelasnya. (dwi/pra)

Weekend