JOGJA – Candi Borobudur dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang dapat anda temukan dengan mudah melalui Traveloka Xperience. Banyak diantaranya para wisatawan di Candi Borobudur yang hanya sekedar datang untuk melihat, berfoto dan kemudian pulang kembali tanpa dapat menikmati pesona dari Candi Borobudur tersebut dengan lebih maksimal. Padahal ada banyak sekali jenis kegiatan yang juga dapat anda lakukan di Candi Borobudur dan lingkungan sekitarnya untuk lebih menikmati masa liburan atau wisata dengan menyenangkan. Berikut adalah beberapa daftar kegiatan yang dapat anda lakukan di Candi Borobudur serta kawasan di sekitarnya:

  1. Mengunjungi candi saat sunrise dan sunset

Salah satu cara yang cukup populer dan tentunya sudah banyak dilakukan oleh para wisatawan dalam menikmati keindahan Candi Borobudur adalah mengunjunginya di saat sunrise serta sunset. Ketika sunrise datang, maka anda dapat menikmati keindahan tampilan dari cahaya matahari yang berada di antara stupa serta puncak dari Candi Borobudur itu sendiri. Bahkan siluet dari stupa dan beragam patung budha pun memberikan pemandangan di sekitarnya nampak lebih indah. Apalagi pemandangan tersebut dipadukan dengan tampilan gunung merapi dan juga Merbabu di sekelilingnya. Namun bagi anda yang ingin menikmati sunset di kawasan Candi Borobudur tentunya hal tersebut berada di luar jam operasional candi itu sendiri, karena itulah tiket pun umumnya dipesan secara khusus, seperti melalui hotel atau tempat anda menginap dan lainnya.

  1. Menikmati keindahan candi dari jauh melalui Punthuk Setumbu serta Gereja Ayam

Ada beberapa pilihan untuk dapat menikmati keindahan Candi Borobudur dari jarak yang cukup jauh, yaitu dengan mengunjungi Punthuk Setumbu yang juga dikenal sebagai lokasi untuk mendapatkan foto sunrise terbaik. Selain tempat lainnya adalah Gereja Ayam yang juga dapat anda gunakan untuk menikmati keindahan Candi Borobudur dari kejauhan. Lokasi ini juga sempat ditayangkan pada film Ada Apa Dengan Cinta 2 dan membuatnya semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia.

  1. Bersepeda di sekitar candi Borobudur

Cara menikmati keindahan Candi Borobudur selanjutnya dapat anda lakukan dengan bersepeda di kawasan candi itu sendiri. Bentuk layanan yang satu ini umumnya ditawarkan oleh tempat anda menginap atau bahkan layanan akomodasi setempat. Selain menggunakan rute yang biasa ditempuh untuk mengelilingi kawasan Candi Borobudur, anda juga dapat menyesuaikan rute dengan kondisi serta selera perjalanan yang anda miliki. Dengan bersepeda di kawasan tersebut, tentunya bukan hanya keindahan alam dari Candi Borobudur saja yang bisa anda nikmati, tetapi pemandangan alam dan desa-desa di sekitarnya pun dapat anda eksplor dengan lebih mudah.

  1. Mengunjungi Candi Borobudur di Hari Waisak

Perayaan dari Hari Waisak yang dilakukan di Candi Borobudur tentunya menjadi salah satu kegiatan atau bentuk acara keagamaan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama bagi umat budha. Pasalnya selain ditujukan untuk beribadah, suasana yang ditimbulkan di kawasan tersebut pun akan terasa lebih khidmat. Karena itulah pada hari tersebut banyak sekali para wisatawan yang berkunjung untuk mengabadikan momen tersebut, termasuk para fotografer serta jurnalis. Namun bagi anda yang ingin mengunjungi Candi Borobudur di hari tersebut, pastikanlah untuk bertanya mengenai jadwal dari kegiatan resmi di Hari Waisak tersebut yang diberikan oleh Walubi, sehingga momen yang ingin anda abadikan pun bisa anda dapatkan.

  1. Pelajari sejarah serta budaya dari Candi Borobudur melalui Museum Karmawibangga

Sejak tahun 1991, Candi Borobudur telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh pihak UNESCO. Karena itulah untuk melengkapi aktivitas anda di lingkungan tersebut, maka pastikanlah untuk mempelajari pula terkait sejarah serta budaya yang dimilikinya yang dapat anda akses dengan mudah di Museum Karmawibangga. Museum tersebut dikenal dengan koleksi informasi dari sejarah serta kebudayaan yang dimiliki oleh Candi Borobudur. Anda dapat menemukan keberadaan 4.000 batu candi di dalam museum ini, koleksi arca dan bahkan koleksi dari patung Budha yang memiliki tampilan dengan ukuran yang belum sempurna dan dikenal dengan sebutan ‘Buddha Tak Rampung’.

Demikianlah kiranya beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan melalui Traveloka Xperience dalam menikmati keindahan Candi Borobudur dengan lebih maksimal. (*/ila)

Weekend