alexametrics

Berganti Nama setelah di Jogja

Jogjakarta memang kaya akan kuliner. Tidak hanya jajanan atau kudapan, tetapi banyak juga dijumpai berbagai sajian minuman menyegarkan. Salah satunya es Jaipong.

Asyiknya Main Boi-boian

Permainan boi-boian merupakan permainan sederhana yang mengajarkan arti kerja sama dalam satu tim. Jika tidak kompak, bisa-bisa lemparan bola boi-boian salah sasaran.
“Jadi, ceritanya pada jam sekolah kami main boi-boian. Awalnya seru dan tidak ada masalah,” kata Sulistyo, mantan pemain boi-boian warga Kalurahan Putat, Kapanewon Patuk, Gunungkidul.

Kearifan Lokal yang Makin Tergerus Zaman

Generasi 1990-an pasti mengenal celengan gerabah atau dari tanah liat dengan berbagai bentuk. Kendil, kucing, ayam, maupun hewan lain. Namun, seiring berkembangnya teknologi, celengan tersebut makin tergerus zaman.

Mahasiswanya Diajak Teguh Karya Syuting Ibunda

Ingatan Nur Iswantara langsung terngiang waktu dulu menempuh ilmu di Asdrafi. Teringat kembali tokoh-tokoh hebat meramaikan kancah perfilman Indonesia. Dosen dan praktisi program studi pendidikan seni pertunjukan Institute Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta itu sekaligus nostalgia saat dihubungi Radar Jogja, Rabu (24/12).

Kampus Bubar, Kegiatan Jalan Terus

Sejak lama Jogjakarta memang dikenal dengan kota pendidikan dan seni. Banyak juga perguruan tinggi yang memiliki spesialisasi menghasilkan para seniman hebat di kota ini.

Bagi Sheva Jadi Momen Silaturahmi

 Perayaan Natal yang jatuh pada hari ini (25/12) disambut sukacita umat Kristiani di seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali para pesepak bola tanah air. Natal selalu menjadi momen penting bagi mereka untuk berkumpul dengan orang-orang terkasih.

Sendangsono, Jujukan Wisata Religi Umat Nasrani

Hari Natal merupakan momen yang paling ditunggu oleh umat Nasrani di seluruh dunia. Karena di momentum ini umat Nasrani akan merayakan hari rayanya, serta memanjatkan doa dan harapan demi menyambut pergantian tahun.

Tahun Lalu Peceklik, Tahun Ini Berharap Dapat Berkah

Perayaan Natal 2020 lalu begitu terasa berbeda bagi Sunarsih, salah seorang perajin kalung rosario di kawasan Gua Maria Sendangsono. Karena situasi pandemi Covid-19, penjualan hasil tangannya berupa alat untuk berdoa umat Nasrani itu menurun drastis.

Bukan Cuma Kredit, Hidupkan Sosial Masyarakat

Fenomena mindring masif di lingkungan pedesaan. Mindring atau membeli barang alat rumah tangga dengan sistem kredit ini, menjadi pilihan alternatif lantaran jauh dari pasar. Selain itu, dinilai murah, karena angsuran ringan.

Obwis Kali Ngalang Napak Tilas Jejak Fauna Purba

Sebagai kawasan Geopark Gunung Sewu, Gunungkidul memiliki banyak geosite atau jejak rekaman penting tentang sejarah bumi. Salah satunya di bawah jembatan Sungai Ngalang, Kalurahan Ngalang, Kapanewon Gedangsari. Dasar sungai terjadi proses bioturbasi atau jejak aktivitas fauna purba terutama cacing. Saat kemarau, sungai kering dan jejak cacing purba terlihat jelas.

Sabar Tangani Penunggak Angsuran

Mindring adalah cara penjualan barang yang pembayarannya dapat diangsur alias kredit. Targetnya penduduk yang umumnya tinggal di pedesaan yang notabene tidak memiliki gaji bulanan dan mengandalkan penghasilan dari penjualan komoditas pertanian.

Jadi Daya Tarik Wisatawan ke Desa Wisata

Wiwitan merupakan salah satu budaya masyarakat untuk menyambut musim tanam atau panen yang masih bertahan hingga kini. Dari kacamata Joko Mursito yang juga kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, tradisi ini punya potensi wisata yang cukup menarik minat wisatawan untuk datang ke desa wisata.