Executive Chef Grand Aston Jogja Herman Jojo
JOGJA – Pertunjukan memasak dengan menghadirkan para Executive Chef ternama, Sunday Culinary Surprise akan digelar di Grand Aston Hotel Minggu (24/5) nanti. Acara yang baru pertama kali digelar di Indonesia tersebut dimeriahkan oleh 15 Executive Chef terkemuka dari Group Archipelago Indonesia.
Mereka adalah Chef Firman, Chef Nurdin, Chef Erfan, Chef Supriyadi, Chef Arie. Juga dihadiri Chef Bagus, Chef Desak, Chef Denny, Chef Kona, dan Chef Aniek. Serta Chef Gatot, Chef Irwan, Chef Jojo, Chef Komang, dan Chef Ical. Mereka akan dibagi dalam dua keahlian kuliner, pastry dan Indonesian food.
Executive Chef Grand Aston Jogja Herman Jojo mengatakan, tema yang diangkat dalam Sunday Culinary Surprise kali ini adalah makanan tradisional. Berbeda dengan pertunjukan masak memasak yang sudah ada, di Sunday Culinary Surprise, mereka tidak hanya unjuk kebolehan dalam mengolah makanan sesuai dengan keahliannya. Tetapi juga mempresentasikan hasil olahannya ke dalam bentuk makanan modern.
“Jadi nanti, kami akan membuat masakan tradisional di mana dalam presentasinya, para pengunjung benar-benar kami buat terkejut. Soalnya apa yang kami hidangkan, benar-benar beda dari makanan aslinya. Terutama dari segi bentuk,” jelasnya.
Walaupun bentuknya berbeda, lanjut Chef Jojo, sapaannya, originalitas rasa dan masakan tetap menjadi nomor satu. Sebab, keahlian inilah yang sebenarnya menjadi kelebihan dari masing-masing juru masak. “Bagaimana mereka mengklamufase makanan menjadi kelebihan. Itulah ciri khas yang ingin kami hadirkan,” ujarnya.
General Manager Grand Aston Jogja Imam Setiawan mengatakan, sebagai salah hotel yang berkomitmen terhadap terobosan baru, dari dulu Grand Aston selalu keluar dengan menu berbeda. Ada 15 macam main course yang akan ditampilkan dalam Sunday Culinary Surprise. Mulai dari sate lilit, ayam bakar borneo, ayam madu lengko, hingga gudeg bakar. Sedangkan untuk pastry-nya ada sekitar 30 item yang terbagi dalam dua buffet dan satu dessert.
Tak hanya pertunjukan memasak, Grand Aston juga mengelar cooking class bersama dengan Chef Made Kona, sang ahli pastry. Kegiatan ini diselenggarakan satu hari sebelumnya yakni, Sabtu (23/5). Bagi yang ingin menikmati hidangan hasil kreasi para chef, cukup merogoh kocek sebesar Rp 150 ribu per orang all u can eat. Sedangkan untuk cooking class cukup Rp 25 ribu per orang.
“Acara Sunday Culinary Surprise ini dimulai dari pukul 12.00 sampai 15.00 WIB di Saffron Restaurant lantai LG. Sementara untuk cooking class dimulai pukul 14.00 WIB,” terangnya. (sce/met/ila/ong)

Taman Sari