Inspirasi Keindahan Alam
WANITA sepertinya memang kerap dikaitkan dengan bunga. Demikian halnya dalam fe-syen. Motif bunga masih tetap menjadi pilihan di trend apa pun. Sempat menjadi tren pola motif bunga kecil-kecil, dan tahun ini motif bunga dengan tekstur besar pun di-gemari.Dua desainer Jogja Mia Ridwan dan Ridha Zahra pun mengaplikasikan bentuk-bentuk bunga yang menjadi bagian dari keindahan alam.
Ridha lewat lini busananya Griya Rasu’an mengambil inspi-rasi dari pemandangan alam di sekitarnya, seperti hijaunya dedaunan, pohon, dan bung-an-bunga. Kemudian dia aplikasikan dalam busana muslim bernuansa hijau yang elegan dan anggun dengan siluet bunga. “Bahan dasar motif bunga dan daun kemu-dian saya kombinasikan dengan aplikasi payet,”ujarnya.Untuk koleksi busana mus-limnya ini, dia mengambil bahan sifon, beludru, silk, katun dan juga tile. Dalam bentuk kaftan dengan ber-padu dengan jilbab kreasi yang cantik.
Sementara itu, masih meng-acu trend forcasting 2015, Mia Ridwan melakukan pendeka-tan secara ekspresi menjadi metode desain yang feminin. “Kali ini saya meng-aplikasikan mate-rial teknik rajut sehingga meng-hasilkan siluet saprophyte dalam desain,”ujarnya.Dalam bentuk busana muslim, salah satu desainer Asosiasi Perancang Pe-ngusaha Mode Indonesia (APP-MI) DIJ ini menghadirkan ekspresi saprophyte yang cantik dan menawan. Hadirnya bentuk-bentuk saprophyte hasil kreasi teknik rajut memperkuat kesan feminin sekaligus anggun.
Permainan layer juga nampak di beberapa karyanya. Seperti dress layer lengan panjang ka-tun orang yang dipadu dengan bolero raglan dari sifon silk. Ditambah aksen crochet di dada dan lengan kiri yang mem-beri kesan chic. “Siluet bunga juga saya tampilkan lewat ma-terial rajut, sehingga kesannya benar-benar anggun dan cantik,”ujar Mia. (dya/din/ga)

Taman Sari