JOGJA – Bagi sebagian anak sekolah, Fisika merupakan bidang ilmu yang paling rumit dipelajari. Selain abstrak, pelajaran ilmu eksak ini 80 persen materinya menggunakan rumus dan angka yang sulit dipahami bagi sebagian siswa. Padahal, Ilmu Fisika sangat penting dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Apalagi, bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke bidang eksakta, teknik, dan kedokteran.Anggapan sebagian anak sekolah tersebut dinilai mahasiswa UNY Rizki Ageng Mardikawati dkk tak selamanya benar. Banyak anak yang sulit memahani pelajaran Fisika karena penyampaian guru yang dinilai kurang komunikatif dan menarik, buku pelajaran yang membosankan, motivitasi yang lemah hingga kurangnya pengetahuan mengenai penerapan fisika yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Berangkat dari fenomena tersebut, Rizki membuat komik fisika qurani. Yakni, komik tentang fisika dan penerapan sederhananya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam komik ini, ditawarkan konsep pembelajaran fisika dengan sentuhan islami yang dikemas dalam komik. Harapannya para siswa lebih mudah mempelajari dan memahami pelajaran fisika tersebut.”Efek lain yang didapatkan adalah adanya peningkatan keimanan keislaman bagi pembacanya,” kata Rizki. Selain Rizki, komik ini dibuat atas kerja sama dengan temannya yaitu Dewi Yuliana, Muhammad Fajar Romadhonni, Geri Wiliansa, dan Mega Setya Gama.Dewi Yuliana menambahkan, komik fisika qurani atau atau MikaQu ini dibagi atas MikaQu for Kids dan Mika-Qu for Teens. Mika-Qu for Kids diperuntukkan bagi anak-anak prasekolah dan sekolah dasar dengan materi penerapan fisika sederhana dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan quran dan hikmah.
Sedangkan Mika-Qu for Teens diperuntukkan untuk siswa SMP dan SMA. Sesuai levelnya pelajaran fisika akan disajikan penerapan fisika sesuai materi-materi yang relevan di tingkat SMP dan SMA.”Karena ajaran agama Islam tidak hanya mengatur ibadah dan aqidah tapi segala aspek dalam kehidupan ini termasuk fenomena fisika,” kata Dewi.
Mika-Qu lolos dan meraih dana dari dikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K). Produk ini bisa didapatkan dengan harga Rp 20 ribu-Rp 30 ribu per buah. Komik ini didesain dengan cantik antara fisika, inspirasi hikmah quran, dan penyajian.”Kami tak hanya menawarkan produk tapi ingin berkontribusi membangun karakter bangsa yang bermatabat dan berakhlak mulia,” jelasnya. (mar/iwa)

Taman Sari