JOGJA – Dompet Dhuafa Jogjakarta telah menyalurkan zakat, infak, sedekah dan wakaf (ziswaf) kepada yang membutuhkan. Dana ziswaf yang terkumpul telah disalurkan dalam beragam bentuk program sosial. Yakni dalam bentuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, pelayanan duafa dan penanganan bencana. Ditemui di kantor Dompet Dhuafa di Jalan Kyai Mojo Jogjakarta (15/7), Manajer Pendayagunaan Dompet Dhuafa Jogja Bambang Edi Prasetyo menyampaikan programnya. Diawali pada Jumat (11/7) lalu Dompet Dhuafa Jogja mengadakan Ramadan Vaganza. Sasarannya adalah anak-anak usia sekolah mulai SD, SMP dan SMA. Dengan mengajak belanja buku dan kebutuhan pendidikan lainnya. Program ini juga mengajak anak untuk membuat skala prioritas dalam pilihan yang begitu kompleks,” kata Bambang.
Program penyaluran selanjutnya ialah Ramadhannisa yang dilaksanakan Sabtu (12/7). Program ini merupakan program bagi anak-anak santriwati Panti Asuhan Darunnajah Janti Jogjakarta. Di panti asuhan yatim duafa ini, Dompet Dhuafa menggelar siraman rohani. Dalam kesempatan ini siraman rohani yang disampaikan tentang kehidupan di era modernitas. Para santri, lanjut Bambang, harus mampu melihat dan memilah agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah. “Berusaha menyampaikan materi tentang bagaimana seharusnya seorang remaja putri bersikap dalam hidup yang serba instan ini. Tentang bagaimana harus bergaul dan apa-apa yang harus dibatasi dalam pergaulan,” kata Bambang. Pada hari Minggu (13/7) sejumlah marbot masjid diajak untuk berbelanja kebutuhan. Bertajuk Belanja Bareng Marbot Masjid, program ini merupakan penyaluran dana ziswaf bekerjasama dengan Carrefour Ambarukmo Plaza.
Pekerjaan marbot, menurut Bambang, tidak bisa dipandang sebelah mata. Memiliki pengabdian penuh, marbot mendedikasikan diri menjaga masjid-masjid. Tidak hanya kebersihan, segala keperluan yang bersangkutan dengan ibadah selalu disiapkan oleh para marbot. Selain ketiga program sosial ini, Dompet Dhuafa juga tetap melakukan penyaluran ziswaf lainnya. Penyaluran dilaksanakan setiap saat pada masyarakat yang membutuhkan. Berbagai acara ini seperti tebar takjil, berbagi buka puasa. Serta mengisi kajian berbagai instansi atau lembaga lainnya. (dwi/ila)

Taman Sari