JOGJA – Suasana lobi Hotel Tentrem tampak berbeda memasuki bulan Ramadan tahun ini. Begitu memasuki lobi, terdapat replika Masjid Nasional Al Akbar atau yang biasa disebut Masjid Agung Surabaya. Masjid terbesar kedua di Indonesia ini dibuatkan replikanya oleh tim pastry Hotel Tentrem dengan menggunakan kurang lebih empat kilogram white chocolate. Public Relations Hotel Tentrem Nike Aristya mengatakan kubahnya yang besar didampingi empat kubah kecil berwarna biru menambah keindahan artistik masjid ini. “Dari segi artistik bangunan, masjid ini menginspirasi tim pastry kami untuk membuat replikanya dan akan menghiasi lobi selama Ramadan hingga lebaran mendatang,” ujar Nike, Selasa (1/7).
Nike mengatakan Masjid Nasional Al Akbar diresmikan pada 10 Novemver 2000 oleh Presiden RI KH Abdurrahman Wahid. Secara fisik, luas bangunan dan fasilitas penunjang masjid ini adalah 22.300 meter persegi dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Keunikan bentuk kubah Masjid Agung Surabaya ini terletak pada bentuk kubah yang hampir menyerupai setengah telur setinggi 27 meter. Untuk mendapatkan bentuk semirip dan sedetail mungkin seperti masjid aslinya, dirinya menambahkan, tim pastry membuatnya selama kurang lebih lima hari. Ciri khas masjid yakni kubahnya yang besar didampingi empat kubah kecil berwarna biru serta memiliki satu menara yang tingginya 99 meter ini juga diadaptasi ke dalam replika. “Masjid ini tidak hanya sekadar megah dan tinggi, tetapi satu menaranya yang tingginya 99 meter mencerminkan Asmaul Husna. Inilah mengapa masjid ini begitu istimewa untuk kami buat replikanya,” ujarnya.
Nike mengatakan dalam membuatnya selain menggunakan white chocolate. Juga dilengkapi dnegan adonan icing sugar atau foundant. Sehingga replika masjid ini mampu bertahan hingga tiga bulan kedepan. “Kita buat semirip dan sedetail mungkin, tak terkecuali warna biru dari kubah yang tampak cantik jika dilihat dari kejauhan,” tandas Nike. (dya/ila)

Taman Sari