Sudah sejak dulu negeri ini dikenal kaya akan rempah-rempahnya. Tak heran jika banyak yang memanfaatkannya, begitu juga untuk perawatan tubuh, boreh misalnya. Boreh merupakan ramuan yang dibuat sebagai lulur dari beberapa jenis rempah.
Mengangkat manfaatnya yang baik bagi tubuh, Nurkadhatyan The Ritual Spa Royal Ambarrukmo Jogjakarta mengangkat boreh dalam perawatan Relaxing Boreh Sensation.
HRD Nurkadhatyan The Ritual Spa Worro H Astuti mengatakan Relaxing Boreh Sensation merupakan konsep produk perawatan dari Panca Rasa Manunggal yaitu seri Nurjuwita atau Paleremaning Rasa (calming). “Perawatan ini kita mengangkat boreh yang dipadukan dengan teknik pemijatan Jawa kuno,” ujar Master of Spa ini.
Dirinya menjelaskan bahan-bahan yang digunakan untuk boreh ini yakni pala, jahe merah ditambah serai. Bahan dasar ini kemudian diracik dengan menggunakan bahan yang masih segar sehingga rasa hangat yang terasa saat dioleskan di tubuh benar-benar alami. Manfaat yang didapat dari boreh ini antara lain membersihkan kulit, melembutkan dan melembabkan kulit.
“Saat dioleskan pada kulit dipadu dengan pemijatan pada titik-titik energi. Sehingga mampu memperlancar peredaran darah dan memberikan efek relaksasi,” paparnya.
Dirinya menambahkan seri perawatan Nurjuwita ini merupakan produk yang diambil dari nama putri keempat Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Dimana seri ini berkhasiat untuk memberi efek yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh.
Selama 90 menit, perawatan boreh akan difokuskan pada pemijatan dengan konyoh hangat pada kaki dan tangan dilengkapi dengan ngunjuk jampi diakhir prosesnya. “Kami tetap menggunakan bahan-bahan segar yang masing-masing memiliki manfaat. Sehingga lebih aman untuk kulit terutama bagi kulit yang sensitif,” ujar Woro. (dya/ila)

Taman Sari