JOGJA – Masa berkreasi album ke-6, grup band Endank Soekamti memberikan kejutan baru. Di album terbarunya tersebut, Endank Soekamati juga menggandeng sejumlah musisi papan atas Indonesia. Sebut saja Slank, GIGI, Dewa 19, Naif, CJR, Pongki Barata, Pure Saturday, Cherrybelle, Didi Kempo, Joshua Suherman, dan beberapa musisi lainnya.
Ditemui di basecamp di Kawasan Baciro, Erix yang juga pentolan band ini menjelaskan panjang lebar. Menurut Erix, dalam album bertajuk KOLABORASOE yang merupakan singkatan Kolaborasi bersama Endank Soekamti. Mereka mengarransemen ulang single lagu-lagu populer band yang Indonesia.
“Konsep album baru ini kontras dari basic musik Soekamti. Kami lebur menjadi komposisi kolaborasi yang unik. Formatnya nanti, ada duet vocal dan music yang diaransmen Endank Soekamti,” ungkap Erix, baru-baru ini.(8/4)
Band yang beranggotakan Erix (vocal/bass), Dori (gitar), dan Ari (drum) ini, rencananaya mengemas 15 lagu dalam album tersebut. Dalam 15 lagu ini, dua lagu merupakan materi lagu baru. Secara sepsifik, Erix mengungkapkan konsep ini merupakan strategi baru dalam memajukan musik Indonesia.
Selain itu, konsep ini juga menjadi cara yang menarik untuk mempromosikan musik yang diusung. Band yang bernaung di bawah Euforia Record ini mengandalakan ide kreatif dalam promonya. Tentunya, cara ini dipilih untuk keluar dari budaya mainstream dalam proses berkarya hingga mempromokan karya.
“Komunitas musik di Indonesia ini sangat besar. Apalagi keluarga di Kamtis Family. Selain kolaborasi dalam wujud lagu, kami juga membuat video clip. Bahkan, ada kolaborasi dengan tokoh animasi, Adit dan Sopo Jarwo,” papar Erix.
Selain menggandeng musisi-musisi kenamaan Indonesia, Endank Soekamti juga menggandeng musisi-musisi komunitas independen. Erix mengungkapkan, pada album terbaru ini akan menggandeng tiga band atau musisi komunitas independen.
Untuk bergabung dalam album terbaru tersebut, harus memiliki lagu dan keseriusan bermusik. Band yang terpilih bukan sekadar band project yang hanya menjadi kepuasan materi semata. Melainkan band yang memiliki visi-misi memajukan dunia musik di Indonesia.
“Jadi, bukan sekadar band yang menyalurkan hobi dan senang-senang. Para musisi dan band tetap butuh media menyalurkan lagu dan karyanya. Kami menghargai semangat musisi dan band seperti ini. Inilah bentuk dukungan kami,” tegas Erix.
Format untuk kolaborasi musisi dan band sama dengan beberapa band yang berkolaborasi dengan Endank Soekamti. Di mana, musisi atau band yang berminat diminta mengirimkan lagu dan profil ke email Endank Soekamti. Jika terpilih, musik akan diaransemen dan mengusung kolaborasi vocal.(dwi/hes)

Taman Sari