SLEMAN – Ingin terus mengabdikan diri pada masyarakat menjadi salah satu alasan R Hari Wibawa maju sebagai calon legislatif (caleg). Bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), pria 44 tahun ini menjadi caleg DPRD dari daerah pemilihan (Dapil) II Kabupaten Sleman meliputi Cangkringan, Ngaglik, dan Pakem.

Pria yang akrab disapa Bowo ini memilih PKB sebagai partainya. Dia mengatakan sifat PKB yang pluralis, idealis, dan kearifan nilai Islamnya membuat dia kian yakin untuk maju menjadi calon legislatif.

Bowo pun memiliki beberapa visi dan misi yang hendak dicapai. Pertama, dia ingin menjaga kelestarian air. Baginya, ini disebabkan oleh pentingnya air bagi kehidupan masyarakat. Kelak, Bowo ingin masyarakat bisa melakukan one man one tree.

“Saya ingin setiap orang bisa menanam pohon demi kelestarian air,” ujarnya.

Kedua, pria asal Sleman itu ingin menggalakkan kegiatan kelompok tani. Terutama petani beras, agar produksi beras lokal kian baik dan meningkat. Tak hanya itu, Bowo juga berusaha mengembangkan bidang peternakan dan perikanan.

Hal ketiga, Bowo ingin membuka peluang sebesar-besarnya untuk usaha ekonomi kreatif. Seperti misalnya membuka usaha oleh-oleh dari pengolahan bahan makanan lokal. Lebih dari itu, warga juga bisa membuka usaha kaus sablon atau suvenir. Ini diyakini Bowo sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Alumnus Universitas Janabadra ini juga ingin agar bidang pendidikan dan kebudayaan kian membaik. Dia menyoroti pentingnya penanaman pendidikan karakter bagi anak usia dini.

Terkait dengan cara menggaet suara, Bowo berencana untuk melakukan pendekatan melalui media sosial (medsos). Selain itu, dia juga akan terjun langsung ke masyarakat dengan cara-cara yang damai. Meski ini adalah kali pertama Bowo terjun sebagai caleg. “Keluarga mendukung keputusan saya,” ungkapnya. (cr9/ila)

The Candidate