SLEMAN – Sejak 2012, Cornus Dwi Saptha Hekseso sudah aktif di Partai Nasdem saat masih berbentuk ormas. Pada Pemilu 2019 mendatang, Koko, sapaannya kembali maju sebagai caleg DPRD DIJ untuk Dapil Sleman Utara.

Sebagai mantan atlet dan pengurus organisasi olahraga, bidang olahraga salah satu yang jadi prioritasnya. “Jika nanti lolos ke DPRD, mungkin Komisi D yang membidangi pendidikan, kesehatan, dan olahraga,” tuturnya saat Morning Tea with The Candidate di Radar Jogja pekan lalu.

Koko menggeluti beberapa cabang olahraga di antaranya anggar, bridge, voli, dan bulutangkis. Dia menilai, DIJ punya potensi dan banyak prestasi olahraga di usia dini. Jika ingin berjaya, mulai fokus ke olahraga prestasi.

“Voli, bulutangkis, dan renang sebetulnya punya potensi untuk dikembangkan,” ungkapnya.

Menurutnya, sarana dan prasarana di DIJ sudah cukup baik. Induk olahraga dan KONI perlu membuat pembinaan yang berkelanjutan dan terencana serta terukur. Dalam hal ini, pemerintah juga perlu memberikan sokongan.

“Selain itu, orang tua yang punya anak atlet usia dini jika sudah punya prestasi jangan buru-buru disekolahkan di luar DIJ. Kebanyakan kan langsung masuk pusdiklat di luar DIJ. Tapi memang di Jogja belum ada. Ini yang perlu dipikirkan bersama cara mengikat atlet tetap berkembang di DIJ,” bebernya.

Tidak hanya itu, bidang pendidikan juga tak luput diperhatikan. Terutama masalah zonasi yang mencuat beberapa waktu lalu. Sehingga tidak memberatkan orang tua dan tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal.
“Ke depan perlu lebih baik lagi, dari sekarang mulai dipikirkan solusinya,” ujar staf ahli DPRD Sleman dan pengusaha travel tersebut. (riz/ila)

The Candidate