SLEMAN – Bagi Shinta Melodiyana Putri, pemuda bisa berperan lebih banyak untuk bangsa dan negara. Salah satunya dengan berjuang meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itulah yang dilakukan Shinta lewat Partai Nasdem dengan maju sebagai caleg DPR RI di daerah pemilihan DIJ.

Meskipun sebagai debutan, perempuan kelahiran 10 Juni 1989 optimistis bisa melenggang ke Senayan. Beberapa modal pengalaman menjadikannya percaya diri. Di antaranya saat mengelola perusahaan keluarga dan aktif di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Sebagai Ketua III dia membidangi perindustrian, perdagangan, dan BUMN.

Selain itu, alumni Universite de Caen Normandie, Prancis itu juga belajar banyak dari sang ayah Ambar Polah Tjahyono yang pernah duduk sebagai anggota DPR RI. Sosok ayah juga yang menggerakkannya meneruskan perjuangan ayahnya di Senayan.

“Saya sering lihat ayah rapat dari jam tujuh malam hingga jam dua dini hari. Artinya memang betul-betul bekerja dan memikirkan kepentingan masyarakat. Konstituen juga ikut merasakan manfaatnya dan maju bersama. Saya maju juga bakti kepada orang tua dan negara,” tuturnya kepada Radar Jogja saat Morning Tea with The Candidate, Selasa (25/9) lalu.

Tidak hanya itu, Shinta juga mulai mengobservasi dan memahami kondisi di daerah pemilihannya. Dia mendapati, potensi pariwisata dan perekonomian di selatan DIJ bisa dikembangkan. Setelah infrastruktur mulai dibangun, sarana dan prasarana pendukung juga perlu diusahakan. Seperti penginapan, hotel, dan restoran di daerah wisata Gunungkidul perlu diupayakan.

“Menopang pariwisata perlu investasi. Perizinan dipermudah dan transparan. Namun tidak mematikan dan menggusur warga asli DIJ. Mereka perlu dilindungi secara perekonomian dan dilibatkan agar bisa bersama-sama sejahtera,” bebernya.

Jika nantinya mendapatkan kepercayaan pemilih melenggang ke Senayan, dia juga berharap bisa masuk ke Komisi VI. Yaitu yang membidangi ekonomi, industri, investasi, dan persaingan usaha.

“Saya juga pelaku usaha, kalau di situ mungkin lebih maksimal. Tapi keputusanya apapun nanti saya serahkan ke partai,” ungkapnya. (riz/ila)

The Candidate