RADAR JOGJA – Bawaslu Sleman memperpanjang rekrutmen panitia pengawas pemilihan umum (panwaslu) kelurahan/desa (PKD). Terhitung sejak 24-26 Januari. Hanya saja, masa perpanjangan tidak dilakukan di semua kalurahan.

Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Kabupaten Sleman Vici Herawati menjelaskan, perpanjangan pendaftaran dibuka khusus untuk perempuan ada di 10 kalurahan. Yakni di Kalurahan Purwobinangun, Harjobinangun, dan Candibinangun di Kapanewon Pakem. Kemudian di Kalurahan Tlogoadi, Mlati. Kalurahan Sumberarum, Sumberrahayu, dan Sumbersari di Kapanewon Moyudan. Termasuk di Kalurahan Wonokerto, Turi, serta Kalurahan Gayamharjo dan Sambirejo di Kapanewon Prambanan.

Sedangkan perpanjangan yang terbuka untuk pendaftar laki-laki dan perempuan, ada di di Kalurahan Sariharjo dan Donoharjo Kapanewon Ngaglik. Serta Kalurahan Banyurejo dan Mororejo Kapanewon Tempel. Perpanjangan juga dilakukan di Kalurahan Hargobinangun Kapanewon Pakem, Kalurahan Sendangsari Kapanewon Minggir, dan Kalurahan Tirtoadi Kapanewon Mlati.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman M Abdul Karim Mustofa mengatakan, rekrutmen PKD diatur dalam Perpu No 1 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas UUD No 7 Tahun 2017. Tugasnya melakukan sosialisasi terkait dengan pengawasan pemilu di garda terdepan. Melalui sosialisasi terkait dengan pengawasan pemilu, pengawas parsitipatif, kemudian berkaitan dengan pengawasan tahapan. ‚ÄúTentu dengan bantuan panwaslu kecamatan,” jelasnya. (lan/eno)

Sleman