RADAR JOGJA – Sejumlah petugas Gegana Sat Brimob Polda DIJ melakukan pengamanan di sebuah rumah yang berlokasi di RT 4 RW 31 Padukuhan Jetis Jogopaten, Kalurahan Pandowoharjo, Minggu (22/1). Di rumah tersebut ditinggali oleh terduga teroris bernama Agus Wijayanto. Dalam olah TKP sejumlah barang bukti berhasil diamankan.

Dukuh Jetis Jogopaten Agus Suwardana mengaku dihubungi oleh warga pada pukul 09.00 WIB untuk mendampingi pemeriksaan di rumah Agus Wijayanto. Setelah sampai, beberapa petugas telah berjaga di sekitaran lokasi. Dia turut mengikuti proses olah TKP bersama petugas gegana.

Hasilnya beberapa barang bukti berhasil diamankan. Diantaranya adalah buku bacaan agama, serbuk diduga bahan peledak, senjata tajam seperti pisau dapur, parang dan golok. Ada juga beberapa pakaian, buku rekening dan bukti-bukti transfer yang diamankan. Sementara barang bukti peledak diakuinya telah diledakkan pada pagi tadi.

Dia menjelaskan Agus Wijayanto memang warga asli Jetis Jogopaten. Namun, dia tak selalu tinggal di situ. Agus Wijayanto diketahui tinggal bersama orang tua dan adiknya.

“Pernah (menikah) tapi sudah cerai lama. Anak-anaknya ikut istri,” jelas Agus Suwardana ditemui di TKP, Minggu (22/1).

Dia menambahkan, Agus Wijayanto berusia sekira 38 tahun. Sehari-hari bekerja sebagai pengemudi ojek online. Dia mengaku tak terlalu mengetahui cara Agus Wijayanto berkehidupan sosial.

“Informasi RT kalau jamaah Jumatan juga hadir,” katanya.

Kapolresta Sleman Kombes Aris Supriyono menjelaskan pihaknya turut melakukan pengamanan. Upaya penutupan jalan di sekitar TKP juga dilakukan.

“Kami dengan Polda DIJ melakukan pengamanan, ikut membantu di seputaran TKP. Kami hanya sebatas melakukan pengamanan TKP. Ini merupakan keberhasilan densus 88 dalam pencegahan sebelum pelaku melakukan aksinya di Jogjakarta,” ujar Aris. (isa/dwi)

Sleman