RADAR JOGJA – Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta melepas tim Relawan Mengajar KOIN (Korea-Indonesia) dari Chungbuk National University (CBNU). Tim yang terdiri dari 14 mahasiswa dan dua pendamping dijadwalkan akan mengajar di SMA Stella Duce 1 dan SMA Kolose De Britto Yogyakarta.

Kegiatan relawan mengajar dilaksanakan mulai 18-26 Januari 2023 di SMA Stella Duce 1. Dilanjutkan 30 Januari hingga 2 Februari 2023 di SMA Kolose De Britto. “Program relawan mengajar ini sangat mendukung dalam pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujar Wakil Rektor IV USD Caecilia Tutyandari pekan lalu (13/1).

Dia mengatakan siswa di SMA akan mempunyai kesempatan belajar dari para relawan yang tentu saja akan memperkaya pengalaman belajar para siswa. Di sisi lain kegiatan dapat semakin memperkuat jalinan kerjasama antar universitas dan negara.

Diketahui tim relawan ini merupakan kelompok program sukarelawan pendidikan internasional. Mereka terpilih sebagai universitas yang menjalankan layanan pendidikan jangka pendek di luar negeri selama 6 tahun berturut-turut. Tim ini terdiri dari berbagai macam bidang, di antaranya earth science education, chemistry education, biology education, nursing, dan english education.

Sementara tim dari USD diwakili oleh Program Studi Pendidikan Kimia. Mereka menerjunkan 14 mahasiswa dan 3 dosen Pendidikan Kimia. “Saya berharap agar tim KOIN dan tim USD dapat menjalin hubungan yang baik, serta dapat berbagi pengalaman budaya antara Indonesia dan Korea,” ujar Perwakilan tim KOIN Jae Young Han. (lan/bah).

Sleman