RADAR JOGJA –¬†Persaudaraan beladiri pencak silat Prisai Sakti Mataram (PSM) Kabupaten Sleman tidak hanya fokus pada kegiatan beladiri, mengandalkan kekuatan fisik. Tetapi juga mengedepankan nilai-nilai persaudaraan dalam setiap kegiatannya. Seperti apa?

MEITIKA CANDRA LANTIVA, Sleman, Radar Jogja

Lintas generasi anggota pencak silat PSM pagi itu berkumpul di Lapangan Puri Mataram, Drono, Tridadi, Sleman. Seperti biasa mereka menggelar latihan rutin. Seminggu sekali, setiap Minggu pagi.

Suasana lapangan terdengar riuh dan penuh semangat. Ketua Komisi Teknik Latihan Prisai Sakti Mataram (PSM) Sleman Suratman menyebutkan, anggota PSM Sleman tidak hanya orang tua tetapi juga usia anak-anak dan remaja.
Selain latihan rutin, untuk menambah keakraban anggota lintas generasi mereka merekatkan diri dengan pemberian tali asih. “Sesuai dengan visi misi PSM yang diwujudkan salah satunya dengan kegiatan pemberian tali asih kepada anggota dari PSM Sleman,” katanya, kemarin (15/1).

Tali asih bentuknya beragam. Suratman mengungkapkan, beberapa waktu lalu diwujudkan dengan program sunatan bagi anggotanya, anak-anak. “Tidak hanya pada kegiatan beladiri tetapi juga mengedepankan persaudaraan terhadap sesama anggota PSM Sleman,” ujarnya sembari pemberian tali asih, sebagai hadiah bagi dua anggotanya.

Selain olahraga dan bidang sosial. PSM Sleman juga mulai merambah di bidang kesenian. Yakni, dengan mengikuti kegiatan kesenian Islami Rabana.
“Kami sudah menggelar latihan beberapa kali dan terus dilatih oleh ahlinya,” ujar Suratman, Ketua RT 06 Dusun Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman itu.
Tegar salah satu penerima tali asih mengaku, senang mendapatkan sejumlah alat tulis, berupa buku tulis, pulpen dan sejumlah uang. Menurutnya hadiah ini bentuk perhatian dari pengurus PSM Sleman kepada anggotanya. “Iya senang sekali, terima kasih,” ucap Tegar penuh semangat.

Suratman mengungkapkan, kegiatan beladiri pencak silat PSM Sleman ini tidak hanya di ruang indoor melainkan juga outdoor. Dilain sisi meningkatkan kekompakan. Adapun lokasi sekretariatannya, PSM Sleman berada di Gang Dandangulo, RT 06/RW 34 Dusun Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. (bah)

Sleman