RADAR JOGJA – Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban keempat talud longsor atas nama Surya, 32, sekitar 13.39 WIB. Pegawai proyek perumahan di Dusun Jetis, Wedomartani, Ngemplak, Sleman ini ditemukan dalam kondisi henti nafas dan henti jantung. Ini karena sudah tertimbun sejak Senin (2/1) tepatnya 15.00 WIB.

Kasi Operasi Kantor Basarnas Jogjakarta Asnawi Suroso menuturkan tubuh Surya ditemukan tak jauh dari titik longsor. Lokasi ini tak jauh dari titik evakuasi tiga korban sebelumnya. Hanya saja kedalamannya mencapai kisaran 2 meter.

“Korban atas nama Surya, 32 tahun, laki-laki asal Klaten dapat kita temukan dan dievakuasi dan serah terima kepada keluarga. Henti nafas henti jantung, kita tidak bisa menyatakan meninggal dunia tapi kondisi adalah henti nafas henti jantung,” jelasnya ditemui di lokasi evakuasi, Selasa (3/1).

Posisi korban, lanjutnya, berada pada tumpukkan material pasir. Kondisi inilah yang membuat proses evakuasi tak mudah. Berupa labilnya kontur tanah sekitar titik evakuasi. Ditambah lagi adanya tumpukan batu besar di sisi timurnya.

Proses evakuasi diawali dengan memperkuat tanah. Berupa pengurangan volume tanah pada tebing sisi kanan dan kiri. Proses ini menggunakan alat berat eskavator. Sementara tim dibawahnya mencari secara manual dengan bantuan unit K-9 Polda DIJ.

“Jadi tubuh korban ini ditemukan di kedalaman kurang lebih 2 meter, kedalaman longsorannya material. Kalau kedalaman dari galian sekitar 7 sampai 8 meter,” katanya. 

Asnawi menuturkan kontur tanah didominasi material pasir. Kondisi ini membuat lokasi evakuasi cenderung labil. Rentan longsor apabila terkena getaran dan guyuran air. Inilah yang membuat proses pencarian dihentikan sementara pada Senin malam (2/1).

“Kesulitan sisi daerah pencarian cukup spesifik tidak terlalu luas. Kondisi tebing yang tidak stabil, pencari atau SAR gabungan di bawah tebing dimungkinkan akan menggali potensi bahaya longsor susulan,” ujarnya.

Sebelumnya, ada tujuh pekerja yang berada di sisi bawah. Tiga diantaranya berhasil menyelamatkan diri dan sisanya terjebak. Dari empat tersebut tiga pekerja telah terevakuasi pada Senin sore (2/1), tepatnya 16.05 WIB. 

Dua korban selamat diantaranya Karju, 40 dan Karsono, 50. Kedua warga Saptosari Gunungkidul ini mengalami luka-luka dan dirujuk ke rumah sakit. Sementara untuk korban Dodi, 53, meninggal dunia meski sempat mendapatkan tindakan medis.

“Jadi korban yang lain yang kemarin 2 korban sudah evakuasi selamat. Satu korban dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia dan satu korban ditemukan hari ini. Total 4 korban,” katanya. (Dwi)

Sleman