RADAR JOGJA – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sleman akan mengusulkan enam nama untuk calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada pemilah umum (Pemilu) 2024. Mereka adalah Anies Baswedan, Zulkifli Hasan, Erick Tohir, Ganjar Pranomo, Hamengku Buwono X, dan Sri Purnomo.

Ketua DPD PAN Sleman Raudi Akmal menjelaskan, nama-nama tersebut terjaring setelah mendengarkan aspirasi dari tokoh mastarakat dan para kader. Nama bakal calon capres dan cawapres, selanjutnya akan dikirimkan pada rapat kerja wilayah (Rakerwil). Kemudian dilanjutkan saat rapat kerja nasional (Rakernas). “Usulan diangkat pada forum tingkat wilayah yang akan kita jagokan pada Rakernas Agustus nanti,” ujarnya setelah Rakerda II DPD PAN Sleman Minggu (26/6).

Selain usulan nama, Rakerda juga dimaksudkan untuk memastikan para saksi yang akan diterjukan di tempat pemungutan suara (TPS) terverifikasi dengan baik. Dalam Rakerda, juga dibahas terkait persiapan verifikasi partai politik (parpol). “Tahap verifikasi parpol yang InsyaAllah Kabupaten Sleman sudah lolos, yang akan dilakukan Agustus,” sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Golkar Sleman Ali Sahdan mengaku, sejauh ini partainya sudah mendapatkan chemistry dengan PAN. “Pada dasarnya sekarang sudah dapat chemistry dari dulu, tinggal memupuk aja untuk ke depan,” ujarnya.

Dia berharap, koalisi dua partai ini akan saling menguntungkan. Meskipun sebetulnya, internal Golkar mengharapkan Airlangga Hartarto bisa memenangkan Pemilu 2024. “Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menentukan arah ke depan. PAN itu punya prinsip, ada harapan Golkar maju terus untuk kesejahteraan rakyat. Dua simbiosis berjalan,” jelasnya. (cr4/eno)

Sleman