RADAR JOGJA – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-113 Kodim 0732/Sleman 2022 resmi dibuka kemarin (11/5). Kegiatan bertajuk TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI akan menyasar pembangunan fisik dan nonfisik.

Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Inf Arief Wicaksana mengatakan, sasaran pembangunan fisik seperti cor blok sepanjang 1.060 meter, lebar 3 meter, dan tebal 15 sentimeter. Pembuatan talut dengan panjang 1.060 meter, lebar atas 20 sentimeter, dan tinggi 1 meter. Ada juga pembangunan Masjid Nurul Iman lantai 1 berukuran 10 x 10 meter. Pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) dan lantainisasi enam unit, serta pembuatan pos kamling berukuran 4 x 4 meter.

Sementara sasaran nonfisik meliputi penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan. Penyuluhan pencegahan kejahatan anak di jalan dan keluarga berencana (KB), pelayanan pemeriksaan mata, sunatan masal, pelayanan posyandu, penyuluhan bahaya terorisme dan radikalisme. “Penyuluhan rehabilitasi pengguna narkoba, penyuluhan ketahanan pangan dan usaha tani, pelayanan donor darah, pelayanan RTLH, baksos, pemeriksaan mata dan operasi katarak,” bebernya saat pembukaan TMMD di Taman Pandowoharjo, Sleman.

TMMD dalam perencanaannya, kata Arief, mengutamakan kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Baik dari tingkat bawah hingga atas dengan melibatkan unsur-unsur terkait. “Sasaran-sasaran yang telah terpilih berdasarkan skala prioritas, diteliti, dan dipadukan dengan program pemerintah daerah, serta disahkan menjadi program TMMD,” sebutnya
Dia berharap, TMMD mampu menggerakkan pembangunan infrastruktur di kalurahan. Sehingga dapat membantu roda perekonomian masyarakat di Kabupaten Sleman. “Melalui program TMMD reguler ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat dan pembangunan di Sleman dapat dilakukan lebih efektif dan efisien,” tambahnya. (cr4/eno)

Sleman