RADAR JOGJA – Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menggelar lomba Hampers Challenge di Pakuwon Mall, Jumat (15/4). Berbagai produk UMKM warga Sleman dihias apik menjadi sebuah hampers. Seperti makanan ataupun kerajinan tangan.

Juri perlombaan Wahyu Triatmojo mengatakan kreativitas peserta teruji dalam perlombaan ini. Disatu sisi gelaran Hampers Challenge juga menjadi ajang memasarkan produk-produk andalan.

“Saya melihat ini luar biasa, produk-produknya kreatif dan saya yakin ini cocok sekali bagi bapak ibu yang hadir di sini untuk mereka mengasah kreativitas. Dan kepada masyarakat ini produknya bagus-bagus sekali sehingga cocok bagi masyarakat yang ingin membeli hampers,” jelasnya saat ditemui di Pakuwon Mall, Jumat (15/4).

Wahyu menilai produk UMKM warga Sleman sangat kreatif dan bervariasi. Ini sangat cocok bagi masyarakat yang tengah mencari hampers untuk orang-orang terdekat menjelang hari raya Idul Fitri.

Semua peserta, lanjutnya, memiliki usaha yang luar biasa dalam menciptakan hampers. Bahkan tak hanya membawa produk, bahan dan peralatan juga dibawa sendiri dari rumah. Semua peserta dinilai sangat memperhatikan hal-hal detail.

“Mereka antusiasnya luar biasa, bahkan tidak hanya sekedar produk yang dibawa, tapi kelengkapannyam packagingnya, sampai dengan pernik-perniknya itu benar-benar disiapkan,” katanya.

Sementara itu, salah satu peserta Sofi menjelaskan konsep dari hampers yang dia dan kelompoknya susun. Konsepnya dibuat bertumpuk ke atas. Tujuannya adalah supaya dapat dilihat dari berbagai sisi.

Salah satu properti yang dia gunakan adalah akuarium. Sehingga seusai gelaran ini akuarium tersebut tetap dapat digunakan. Sementara produk yang disusun merupakan produk andalan UMKM miliknya, diantaranya keripik pisang, kopi, cookies, bawang goreng, dan kentang mustofa.

“Kami ingin memberi konsep bahwa hampers itu bisa dilihat dari segala penjuru jadi tidak hanya satu sisi saja. Selama pembuatan tidak ada kesulitan hanya membutuhkan waktu untuk mencari ide awal yang out of the box,” ujarnya. (isa/dwi)

Sleman