RADAR JOGJA – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Sleman berupaya untuk terus menggeliatkan kembali sektor UMKM. Salah satunya dengan menggelar pameran yang diberi tajuk Kendi Sembada. Pameran ini akan diselenggarakan secara virtual dan offline. Tema yang diusung kali ini adalah Bangga Berlebaran dengan Borong Bareng Produk Sleman.
Kepala Dinkop UKM Sleman Haris Martapa menjelaskan pameran offline akan diselenggarakan pada tanggal 14 hingga 17 April di atrium Hartono Mall. Sementara pameran virtual melalui www.kendisembada.com. Pameran ini nantinya akan melibatkan berbagai UMKM yang ada di Kabupaten Sleman.
“Pelaksanaan kegiatan offline diikuti oleh 70 partisipan UMKM dan Koperasi. Sedangkan secara virtual diikuti oleh 116 partisipan,” jelasnya saat jumpa pers di Ruang Rapat Setda Sleman, Rabu (13/4).
Tak hanya menggelar pameran sebagai wadah promosi bagi para pelaku UMKM, Dinkop UKM Sleman juga memberikan fasilitas berupa konsultasi gratis. Masyarakat dapat berkonsultasi langsung berkaitan dengan pemasaran maupun perizinan usaha melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT-KUMKM) Sleman.
Haris menuturkan sektor UMKM memiliki peranan yang sangat penting. Terutama dalam mendongkrak perekonomian negara. Ditambah keberagaman potensi yang ada di Sleman.
“Masyarakat juga bisa berkonsultasi dengan Rumah Kreatif Sleman, BPJS Ketenagakerjaan, Bank BPD DIJ, dan konsultasi terkait perpajakan. Dari 3 provinsi yang inflasinya rendah, salah satunya DIJ karena ditopang dengan UMKM,” katanya. (isa/dwi)

Sleman