RADAR JOGJA – Badan usaha milik desa (BUMDes) Purwobinangun, Pakem, Sleman punya unit usaha baru. Yakni, berupa Pertashop atau stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mini. Usaha ini belum lama diresmikan. Harapannya mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat setempat.

Lurah Purwobinangun Heri Suasana mengatakan, meski baru diresmikan akhir bulan lalu (31/3), Pertashop sudah dioperasikan dua bulan sebelumnya. Penghasilan per harinya kata dia,  terus mengalami kenaikan. Pada awal beroperasi, pertashop dapat menjual 200 liter per hari. Setelah dua bulan berjalan, setiap harinya Pertashop mampu menghabiskan 850 liter.

Menurutnya, usaha ini cukup berpotensi. Sebab, di Purwobinangun jauh dari SPBU. Dia berharap adanya unit usaha baru ini, dapat mendongkrak pendapatan asli desa sekaligus menyerap tenaga kerja, membuka lowongan kerja. “Selama ini pendapatan kami berasal dari menyewakan tanah kas desa yang hasilnya tidak seberapa. Kami harapkan Pertashop bisa bekerja sama dengan unit usaha yang ada di Purwomartani, seperti pertanian, peternakan, pariwisata, usaha mikro kecil menengah dan kelompok wanita tani,” ungkap Heri, kemarin (4/4).

Pertashop ini diresmikan oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa. Sebelumnya, Danang memberikan apresiatif atas pendirian Pertashop yang dilakukan oleh Kalurahan Purwobinangun tersebut.

Diharapkan Pertashop dapat memberdayakan masyarakat. Untuk itu ia mengajak seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Purwobinangun, untuk selalu membeli bahan bakar di Pertashop milik BUMDes Kalurahan Purwobinangun ini.

“Mari optimalkan dan manfaatkan pertashop ini. Kalau membeli bensin tidak perlu jauh-jauh. Sebab kualitas takarannya sama dengan SPBU-SPBU lainnya,” ujar dia.

Lebih lanjut  disebutkan, pendirian pertashop banyak diminati oleh masyarakat di Kabupaten Sleman. Saat ini, menurutnya ada 20 pengajuan pendirian Pertashop oleh beberapa Kalurahan di Kabupaten Sleman. Dari jumlah tersebut enam di antaranya sudah beroperasi.

“Maka masyarakat Purwobinangun harus bersyukur karena bisa mendirikan pertashop di tempat yang strategis, dan jaraknya dengan SPBU cukup jauh,” bebernya. (mel/bah)

Sleman