RADAR JOGJA – Pelayanan vaksinasi selama Ramadan hanya akan digelar reguler. Berlokasi di 32 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) tertunjuk.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sleman Khamidah Yuliati merinci, fasyankes tertunjuk adalah 27 puskesmas se-Kabupaten Sleman, RSUD Sleman, RSUD Prambanan, RSA UGM, Klinik Kodim, dan Klinik Polres Sleman. Sementara untuk percepatan vaksinasi selama Ramadan, masih akan dikoordinasikan. “Tergantung evaluasi besok (hari ini, Red) dan arahan ketua gugus tugas Covid-19,” ungkapnya Senin (28/3).

Menurutnya, animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi booster saat ini terus meningkat. Hal ini terlihat setelah adanya kebijakan diperbolehkannya mudik dengan syarat sudah mendapatkan vaksin booster.

Masyarakat terbukti ikut mengikuti vakainasi masal di sentra vaksin kalurahan sejak 17-27 Maret. Hal tersebut mendorong naiknya capaian angka vaksinasi booster hingga 23,79 persen. Mengalami peningkatan sekitar 6,67 persen dari pekan lalu yang hanya 17,12 persen. “Stok dan buffer vaksin pengelola obat dan alat kesehatan (POAK) selama Ramadan cukup, selama stok di Dinkes DIJ aman,” kata mantan Kepala Puskesmas Ngaglik I ini.

Semenatara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya menyebut, belum dapat memastikan vaksinasi tetap dapat digencarkan. Karena masih menjadi pertimbangan. Mengingat vaksinasi masih diperdebatkan. “Apakah membatalkan puasa atau tidak,” ucapnya. “Karena ada yang memahami (saat puasa, Red) nggak boleh kemasukan apapun,” sambung Harda.

Jalan tengahnya, lanjut Harda, vaksinasi tetap berjalan. Namun bagi nonmuslim, tetap bisa melakukan vaksinasi di fasyankes saat siang hari. “Yang nggak kersa, malam hari (vaksinasi, Red) nanti kami upayakan booster tetap dilayani selesai tarawih,” ucapnya.

Hal tersebut dilakukan dengan harapan tidak mengganggu jalannya ibadah puasa. Selain itu, booster juga akan disediakan di lokasi perbatasan wilaya Sleman. Kendati dari pemerintah pusat menyerukan dan ketersediaan vaksin memadahi. “Tentu kami akan laksanakan,” tegasnya. (mel/eno)

Sleman