RADAR JOGJA – Hujan deras disertai angin melanda Kabupaten Sleman, Senin (28/3). Akibatnya terjadi kerusakan di beberapa titik di Kabupaten Sleman. Mulai dari pohon dan baliho roboh hingga genteng berterbangan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Bambang Kuntoro menjelaskan kerusakan didominasi oleh pohon tumbang. Beberapa diantaranya bahkan sampai menutup akses jalan. Bahkan satu warga tertimpa pohon di Bangkrung, Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman.

“Di Kapanewon Sleman terdapat 6 titik pohon tumbang. Ada di Pandowoharjo, Caturharjo, Tridadi, Triharjo, dan Jalan Magelang. Beberapa masih dalam proses, dan ada yang sudah terkondisi,” jelas Bambang saat dihubungi melalui pesan singkat, Senin (28/3)

Bambang menambahkan tak hanya pohon tumbang, kerusakan lainnya juga terjadi. Diantaranya baliho yang terjatuh di Jalan Kaliurang nomor 96 Ngabean Kulon, Sinduharjo, Kalurahan Ngaglik, Kapanewon Sleman.

Tak hanya itu, beberapa atap rumah warga juga terbang. Seperti yang terjadi di Soprayan RT 05 RW 14, Kalurahan Girikerto, Kapanewon Turi, dan Gangsiran, Kalurahan Madurejo, Kapanewon Prambanan.

Kerusakan juga terjadi di kapanewon lainnya, yakni Cangkringan, Depok, Pakem, Ngemplak, dan Mlati. Saat ini pihaknya terus melakukan pendataan terhadap dampak dari kejadian, serta melakukan pemotongan pohon tumbang.

“Personil yang terlibat ada Turgo Asri, Destana Wukirsari, TRC BPBD Sleman, TRC BPBD DIJ, Bagana, dan relawan serta warga setempat,” katanya.

Sebelumnya, BMKG DIJ telah mengeluarkan peringatan dini cuaca di DIJ pada pukul 13.40. Potensi yang diperkirakan terjadi yakni hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang pada pukul 14.10. Kondisi tersebut terus terjadi hingga pukul 16.30. (isa/dwi)

Sleman