RADAR JOGJA – Keberadaan petani sangat vital dalam mewujudkan ketahanan pangan. Terlebih di Kabupaten Sleman, yang sebagian besar wilayahnya berupa lahan pertanian produktif.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sleman Guntur Yoga Purnawan ST punya perhatian khusus terhadap pemberdayaan petani.

Menurutnya, petani Sleman harus sejahtera. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus hadir untuk mewujudkan kesejahteraan petani. Caranya, membantu petani menekan biaya produksi sekaligus mengoptimalkan hasil panen. “Petani butuh alat dan mesin pertanian (alsintan) modern. Supaya proses produksi pertanian lebih cepat dan irit biaya,” ujar sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Sleman itu usai sambang warga Kalitirto, Berbah, Kamis (1/3/2022).

Alsintan bisa berupa traktor dan cultivator untuk mengolah lahan pertanian (sawah) dan transplanter, mesin penanam bibit padi.

Selain alsintan, pemerintah harus memetakan jaringan irigasi. Mana saja yang perlu perbaikan harus segera ditindaklanjuti. Supaya pengairan sawah petani lancar, sehingga tanaman subur dan hasil panen maksimal. “Bantuan bibit unggul dan pupuk juga penting,” tegasnya.

Terlebih saat pandemi Covid-19. Menurut Guntur, banyak petani turut terdampak. Maka, keberadaan petani yang merupakan ujung tombak pemenuhan bahan pokok masyarakat harus lebih diperhatikan.(yog)

Sleman