RADAR JOGJA – PSS Sleman memiliki kesempatan mendongkrak posisi dari papan tengah klasemen sementara. Syaratnya, Super Elja wajib menang kala menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali petang nanti (29/1).

Target poin penuh tentu dibidik tim kebanggaan wong Sleman itu. Hanya, untuk mencuri tiga poin jelas bukan perkara mudah. Sebab, lawan yang akan dihadapi adalah Persebaya. Sebuah tim yang tengah dinaungi tren positif belakangan ini. Saat ini Green Force -julukan Persebaya- bertengger di posisi 4 klasemen dengan torehan 39 poin.

Kondisi itu disadari betul oleh pelatih PSS I Putu Gede (IPG). Bahkan, IPG menyebut Persebaya sebagai salah satu kandidat juara Liga 1 musim ini. “Tim ini kolektivitas dan cara bermain sangat mendominasi per match. Punya pemain asing yang sangat mendukung taktikal dan gaya bermain pelatih. Persebaya salah satu tim favorit di tangga juara,” ujar IPG saat konferensi pers virtual kemarin pagi (28/1).

Kendati demikian, Persebaya sebetulnya bukan tanpa celah. Sebab, di laga nanti Green Force dipastikan tidak tampil full team. Ada lima pemain pilar absen karena dipanggil timnas. Mereka adalah Rizky Ridho, Rahmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinand dan Ernando Ari.

Meski kekuatan calon lawan tereduksi, IPG menegaskan Persebaya tetaplah Persebaya. Menurut dia, tim kebanggaan Bonek itu memiliki pelatih bagus dan dihuni sederet pemain berkualitas di segala lini. “Meski beberapa pemain mereka dipanggil timnas saya pikir enggak ada kendala bagi coach Aji. Skuad Persebaya dari segala aspek sangat kuat. Beberapa pemain yang ada patut diwaspadai,” tandasnya.

Cuma, ketimbang memikirkan kondisi tim lawan IPG lebih memilih fokus kepada skuadnya. Yang pasti, pelatih 48 tahun itu menyatakan PSS siap kembali ke jalur kemenangan. Menurutnya, laga nanti menjadi motivasi lebih anak-anak Sleman untuk meraup poin penuh. “Untuk laga besok (hari ini, Red) kami tim PSS sangat siap menghadapi Persebaya,” ucapnya.

Lebih lanjut, mantan pelatih Persekat Tegal itu menuturkan, persiapan beberapa hari terakhir ini berjalan lancar. Semua pemain dalam kondisi fit. Sejumlah hal yang menjadi kekurangan juga sudah dibenahi, mulai dari transisi menyerang ke bertahan hingga ball possession.

Di sisi lain, kemenangan tidak hanya penting demi mengatrol posisi klasemen, tapi juga untuk membalaskan dendam kekalahan 1-3 dari Persebaya di putaran pertama lalu. Nah, untuk merealisasikan target poin penuh, IPG berharap striker asal Brasil Wander Luiz tampil lebih tajam di laga ketiganya nanti. “Wander saat melawan Madura United saya pikir sudah cukup luar biasa ya. Harapan laga nanti minimal dia bisa bermain seperti lawan Madura dan mudah-mudahan punya rejeki untuk bikin gol di laga ketiga dia bersama tim,” paparnya.

Hal senada disampaikan kapten PSS Bagus Nirwanto. Mewakili rekan timnya, Bagus menegaskan PSS dalam kondisi siap. Dia berujar apapun hasilnya pemain akan berjuang sebaik mungkin. “Kami akan berusaha di pertandingan nanti. Pemain Persebaya bagus-bagus tapi yang penting mental dan fight di lapangan. Siapa yang bermain bagus dan cerdas disitu yang akan memenangkan pertandingan,” beber pemain 28 tahun itu.

Adapun Aji Santoso mengatakan, timnya sudah berbenah dan siap menghadapi PSS. Mantan pelatih PSIM Jogja itu juga sudah menyiapkan pengganti beberapa nama yang absen. “Kami sudah siapkan komposisi pemain sebagai pengganti Marselino dan Kambuaya. Tapi kami masih melihat kondisi terakhir pemain sampai besok siang (hari ini, Red). Yang jelas kami sudah persiapkan sebaik mungkin untuk laga nanti,” terangnya. (ard/bah)

Sleman