RADAR JOGJA – Anggota Fraksi PKB MPR RI H. Sukamto SH kembali mengadakan sosialiasi Empat Pilar MPR RI. Dia mengingatkan empat pilar kebangsaan tidak cukup diketahui dan dipahami semata. Lebih penting dijalankan dalam kehidupan sehari-hari.

“Atau lebih tepatnya harus diamalkan,” ajak Sukamto di Griya Sukamtan Jalan Kaliurang Km 6, Dusun Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jumat (19/11).

Peserta sosialisasi tersebut berasal dari lintas agama. Ada  juga perwakilan dari masyarakat Buddha Kulonprogo, penghayat kepercayaan dan pengurus PAC dan MWC PKB se-Kabupaten Sleman. Juga hadir pengurus dan anggota Muslimat serta Fatayat NU se-Kabupaten Sleman. Mereka antusias mengikuti acara yang dikemas dalam suasana ringan dan santai namun tetap serius.

Dalam pandangan Sukamto, toleransi harus menjadi dasar menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dia mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Anggota MPR dari Fraksi PKB ini kemudian menyebutkan Empat Pilar Kebangsaan MPR RI tersebut. Yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Keutuhan bangsa ini terjaga karena adanya toleransi dan kita memiliki empat pilar kebangsaan,” katanya.

Dikatakan, Indonesia sejak lama hidup dalam suasana toleransi dan kemajemukan. Tidak hanya toleransi, namun juga multikultur. Kekayaan dan keberagaam itu  harus tetap dijaga. Suasana harmonis di tengah perbedaan yang menjadi identitas bangsa.

Dikatakan, di Indonesia ada enam agama. Yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Sesuai konstitusi semua memiliki hak yang sama menjalankan setiap aktivitas ibadahnya.

Dalam acara itu, Sukamto juga membagikan 1000 paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi juga disinggung Sukamto.

Wakil rakyat asal DIJ ini bicara pentingnya mematuhi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. Bentuknya dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir. Menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak penting.

Sikap disiplin itu sebagai upaya preventif sekaligus memutus mata rantai penularan virus korona. “Semua harus hati-hati, disipilin dan jangan pernah menyepelekan Covid-19 ini,” ingat dia.

Sukamto juga mendukung program vaksinasi yang tengah digalakkan pemerintah. Vaksinasi itu dinilai efektif mencegah  penularan dan penyebaran virus Covid-19. Sosialisasi itu juga menghadirkan narasumber lainnya Sukirno. (*kus/dwi)

Sleman