RADAR JOGJA – Asosiasi Pedagang Seluruh Indonesia (APSI) Komisariat Pasar Godean menggelar vaksinasi Covid-19. Bekerjasama dengan Kapanewon Godean, Dinas Kesehatan Sleman dan Palang Merah Indonesia (PMI) Sleman, giat ini menyasar para pedagang pasar.

Guna mengoptimalkan vaksinasi, kegiatan ini berlangsung di Balai Pelatihan Kesehatan (BAPELKES) Godean, Rabu (10/11). Jenis vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi ini adalah Sinovac dengan jumlah 900 dosis. Sebelum pemberian vaksin, setiap pedagang menjalani screening dengan pemeriksaan kesehatan.

“Vaksin Covid-19 ini sangatlah penting karena para pedagang ini memiliki interaksi yang tinggi. Dengan pembeli, lalu suplier dan sesama pedagang saat di pasar. Belum lagi interaksi di lingkungan rumah,” jelas Ketua Paguyuban APSI Komisariat Pasar Godean Rubiyanto, Rabu (10/11).

Dari ketersediaan 900 dosis vaksin, setidaknya tercatat sejumlah 650 orang mendaftar. Jumlah ini masih bertambah karena penyelenggara tetap menerima setiap warga yang datang. Persyaratan untuk menerima vaksin Covid-19 cukup membawa fotokopi KTP atau fotokopi Kartu Keluarga.

Program vaksinasi ini juga melibatkan pihak APSI tingkat provinsi. Adapula pemberian masker dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Untuk vaksinasi dosis kedua berlangsung pada 8 Desember 2021 di BAPELKES Godean.

“Saya berharap semoga semua pedagang di pasar Godean bersedia untuk terlibat dalam program vaksinasi yang dilakukan, selain itu juga semoga kepedulian terhadap kesehatan diri sendiri dan sekitar juga makin ditingkatkan,” katanya.

Pria yang akrab disapa Ribut ini menceritakan hasil penelusurannya. Berupa kurangnya disiplin penerapan protokol kesehatan di lingkungan pasar. Kondisi ini, lanjutnya, hampir terjadi setiap harinya. Terutama untuk penggunaan masker dan menjaga jarak.

Dia sangat menyayangkan temuan ini. Menurutnya penerapan prokes di lingkungan pasar sangatlah penting. Pihaknya terus melakukan edukasi kepada para pedagang. Ditambah lagi dengan adanya vaksinasi Covid-19.

“Sebelumnya saya banyak mendapat cerita juga melihat secara langsung pedagang di pasar Godean yang kurang memperhatikan kesehatan dirinya. Mereka masih menganggap itu bukanlah sesuatu yang serius. Padahal kesehatan menjadi hal yang lebih penting lagi untuk dijaga,” ujarnya. (om9/dwi)

Sleman