RADAR JOGJA – Program vaksinasi di Kalurahan Hargobinangun, Pakem belum menyamai prosentase capaian vaksinasi Sleman. Yang sudah mencapai sekitar 75 persen.

Lurah Hargobinangun Amin Sarjito menyebut, dari sekitar 9.300 warga yang terbagi dalam 12 padukuhan. Tingkat vaksinasi di kalurahanyang terletak di lereng Gunung Merapi ini masih sekitar 65 persen. Salah satu faktor masih minimya angka capaian tersebut lantaran belum semua warga tergerak mengikuti vaksin.”Kesadaran warga belum semua tergerak. Masih ada yang meyakini berita hoaks, percaya pada kabar yang tidak diketahui sumbernya,” ungkap Amin belum lama ini.

Nah untuk mendorong percepatan herd immunity, pihaknya memilih cara jitu. Selain melakukan upaya pendekatan humanis, pihaknya juga memberikan doorprize kepada warganya. Sebagai pemantik. Meningkatkan antusisasme warga untuk mengikuti vaksin.

Doorprize yang diberikan berupa peralatan rumah tangga. Seperti alat memasak, alat makan, alat bersih-besih dan lainnya yang memiliki daya guna. Bermanfaat. Doorprize pada kegiatan vaksinasi yang dilakukan di balai kalurahan. Menurutnya, hasilnya lumayan. Dapat mempengaruhi minat warga agar mau divaksin.

Permasalahan belum mengikuti vaskin bukan hanya karena enggan di vaksin. Beberapa warga menunggu jenis vaksin lainnya. Seperti halnya memilih vaksin pfizer yang baru akan digulirkan dalam waktu dekat ini.”Selain memberikan doorprize. Kami juga telah melakukan vaksinasi dengan cara jemput bola atau door to door,” ungkap Amir. Hal ini untuk mendekatkan vaksin ke masyarakat. Terutama bagi warga yang mengalami keterbatasan akses. Baik keterbatasan alat transportasi maupun kondisi tubuh yang tidak memungkinkan. Misalnya, untuk lansia yang tidak memiliki komorbid.

Upaya ini dilakukan berkoordinasi dengan gugus tugas padukuhan setempat, RT/RW juga Puskesmas setempat. Diharapkan secepatnya herd imunity di kalurahan ini segera terbentuk. Mengingat kalurahan ini merupakan wilayah rentan. Berpotensi mengundang kunjungan wisatawan. Karena memiliki potensi besar dari segi pariwisata.

Adanya vaksinasi ini sangat dibutuhkan selain menjaga kekebalan tubuh juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan nantinya. ”Apalagi PTMT juga akan berlangsung. Nah, ini sebagai upaya melindungi diri sekaligus meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19,” paparnya. (mel/pra)

Sleman