RADAR JOGJA – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sleman melaksanakan kegiatan “Pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkoba” melalui dialog interaktif  yang dihadiri beberapa remaja di Hotel Artotel. Tujuan dilaksankannya kegiatan ini adalah remaja dapat menjadi contoh bagi teman sebaya lainnya, selasa (7/9).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 10 kali selama bulan September sampai oktober, dan diikuti oleh pelajar dari beberapa  SMA di wilayah sleman.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini, kita dapat mengedukasi mereka dengan teman sebaya, sehingga mereka akan mensosialisasikan ke teman-temannya. Karena dengan teman sebaya lebih bisa saling percaya” Ujar Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sleman, Siti Alfiah.

Ia juga berharap remaja saat ini bisa saling peduli, apalagi dengan adanya kemajuan tekonologi dan informasi, peredaran narkoba banyak melalui sosial media.

Melalui kegiatan ini, diharapkan remaja mampu memahami dan mengembangkan kemampuan yang aplikatif dalam menciptakan hubungan pertemanan yang adaptif dalam menolak penyalahgunaan narkoba, serta memiliki kesiapan untuk bersih dari narkoba.

Materi yang diberikan pada pertemuan kedua ini adalah tentang Perspektif Hukum Tentang Narkoba dan Kewajiban remaja dalam negara hukum oleh Gatot Sugiharto serta Assertivenes Remaja (Mampu berkomunikasi secara langsung, terbuka dan jujur) oleh Hendri Harjanto.

Selain remaja, target sasaran dari pelaksanaan ini adalah orang tua, karena pengetahuan bahaya narkoba dapat dimulai dari keluarga, lingkungan sekitar dan masyarakat. (om4/sky)

Sleman