RADAR JOGJA – Truk Box berpelat nomor AB 9406 FN terguling di Selokan Mataram timur WestLake, Padukuhan Bedog, Trihanggo, Gamping, Sleman, kemarin (3/9). Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Dua awak truk selamat dari insiden tersebut.

Berdasarkan kesaksian warga sekitar, truk box berwarna biru awalnya melintasi Jalan Ringroad Barat dari arah Selatan hendak berbelok ke arah Barat atau ke kiri. Tepatnya sebelum jembatan Selokan Mataram arah Westlake restoran.

Karena hendak menghindari motor yang melintas dari arah yang sama, maka truk tersebut berjalan agak menganan. Tak selang lama truk tersebut berguling masuk ke selokan irigasi di utara jalan tersebut.”Kejadiannya pukul 11.00-an. Begitu jatuh ke bawah, supir dan satu kernetnya langsung bisa keluar,” kata Mirna, 39, warga sekitar yang berada di lokasi kejadian kemarin (3/9). Saat itu Mirna tengah berada di warung sekitar, utara Jembatan.

Melihat kejadian itu warga langsung berbondong-bondong membantu korban (sopir truk dan satu kernet, red) itu. Menurutnya, kejadian kecelakaan lalu lintas di area tersebut bukan kali pertama terjadi. Yang kerap kali memicu kejadian tersebut, lantaran saat belok melanggar kendaraan lainnya, sehingga kendaraan terperosok masuk saluran irigasi primer itu. Kemudian, jalan yang cenderung sempit juga tidak adanya pembatas tepi saluran sehingga menjadi rawan kecelakaan. “Rawan tercebur ke selokan,” jelasnya.

“Yang kerap kali juga dijumpai, ketika begitu belok ke kiri ada mobil parkir di kiri jalan. Padahal jalanan searah itu terbilang sempit,” ucap Sumardi, pengguna jalan yang ikut menonton kejadian tersebut. Sementara supir dan kernet truk tersebut enggan dimintai keterangan.

Dari pengamatan Radar Jogja, dari insiden tersebut, beberapa bagian truk mengalami kerusakan bagian depan. “Dievakuasi menggunakan kendaraan alat berat dari Polda DIJ,” ungkap Hanung, relawan sekitar yang tengah mengkondisikan jalan tersebut. Kejadian tersebut mengundang perhatian pengguna jalan. Tak sedikit yang memakirkan motornya lalu mengabadikan pemandangan tersebut. Sempat membuat jalanan macet di sekitar lokasi. Dia mengajak, masyarakat untuk berhati-hati saat berkendara. Apalagi di jalanan kiri-kanan Selokan Mataram yang cenderung sempit itu. “Nggak usah ngebut,” pesannya. (mel/pra)

Sleman