RADAR JOGJA – Pemkab Sleman telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 520002172 tentang gerakan konsumsi buah lokal. Hal ini sebagai upaya peningkatan gizi masyarakat sekaligus pemasaran produk buah lokal. Sejalan dengan hal itu, dalam momen Kemerdekaan RI, Pemkab Sleman melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) membagikan 150 paket buah lokal bagi warga isolasi mandiri (isoman), tenaga kesehatan (nakes) dan panti asuhan.

Pembagian paket buah lokal diberikan simbolik oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Kantor Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, kemarin (19/8). ”Terlebih saat pandemi Covid-19 ini. Dengan mengkonsumsi buah, maka kebutuhan gizi akan terpenuhi. Sehingga imunitas meningkat,” kata Kustini.

Bantuan paket buah beragam, semua merupakan produksi lokal Kabupaten Sleman. Seperti belimbing, pepaya, pisang, salak, kelengkeng, dan lainnya. Bantuan paket ini diberikan kepada beberapa warga isoman di Kalurahan Tridadi, nakes di RSUD Sleman dan RSUD Prambanan serta Panti Asuhan Khodijah.

Disebutkan, program membagi-bagikan buah-buahan dan sayur-sayuran sebelumnya menyasar warga isoman juga telah dilakukan. Sebanyak sepuluh ribu lebih paket dengan menggandeng kelompok wanita tani. Harapannya gerakan makan buah ini dapat terus dilakukan oleh masyarakat sekaligus meningkatkan kepedulian masyarakat sekitar mengkonsumsi buah selama pandemi ini.

Plt Kepala Dinas DP3 Sleman Suparmono menambahkan, untuk menyukseskan program ini pihaknya juga menggandeng komunitas untuk menyubangkan buah-buahan segar hasil perkebunan. Dikatakan, tingkat konsumsi buah di Kabupaten Sleman masih relatif rendah. Rata-rata masih separuh dari anjuran WHO. Sekitar 150 gram per kapita per hari.”Ini harus kita dorong terus sehingga konsumsinya meningkat. Kalau konsumsi buah meningkat nanti yang memproduksi (petani buah, red) juga tertarik meningkatkan produksi,” bebernya.

Di Kabupaten Sleman belum banyak sentra pertanian buah-buahan. Sentra produksi yang paling besar salak. Namun di beberapa lokasi muncul embrio sentral klengkeng di Moyudan, jeruk dan belimbing di Seyegan, jambu kristal, alpukat, kelengkeng dan durian di Argomulyo, Seyegan.

Sementara itu Lurah Tridadi Kabul Mudji Basuki mengapresiasi bantuan tersebut. Disebutkan ada lima warga yang isolasi di selter terpadu dan 25 lainnya isoman di rumah masing-masing. Dengan adanya bantuan tersebut sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan warga selama isoman. ”Pemberian bantuan bagi isoman rata-rata berbentuk makanan jadi maupun sayuran. Kalau buah-buahan rasanya jarang,” imbuhnya. (mel/pra)

Sleman