RADAR JOGJA- Isolasi mandiri (isoman) di rumah menjadi kunci mencegah persebaran Covid-19. Terlebih bagi penyintas dengan gejala ringan/sedang.

Konsekuensinya, keluarga penyintas pun harus menjalani isoman demi mempermudah tracing Covid-19. “Mereka tentu butuh sembako untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Di sinilah masyarakat, khususnya para tetangga penyintas Covid-19 harus menunjukkan kepedulian,” ungkap Anggota Komisi D DPRD Sleman H. Suryana AMd KesĀ  (19/7/2021).

Politikus Partai Golkar itu mengimbau masyarakat untuk gotong royong membantu kebutuhan makan keluarga penyintas Covid-19 selama masa isoman. “Dalam penyediaan bahan pangan bagi keluarga isoman tentu tetap harus dengan protokol kesehatan (prokes),” tutur Suryana.

Selain makanan, bantuan obat-obatan dan vitamin juga penting. Demi meningkatkan imun penyintas Covid-19 dan keluarganya.

Suryana mengingatkan, kamar isoman penyintas Covid-19 di rumah harus terpisah dari anggota keluarga lainnya. Alat makan dan minum pun harus tersendiri. Itu demi mencegah penularan virus Corona bagi anggota keluarga.

Saat ini Suryana juga tengah menyiapkan ambulans gratis untuk antar jemput pasien Covid-19 dari rumah ke rumah sakit atau shelter isoman. Ambulans juga bisa untuk mengantar jenazah ke pemakaman.

Bantuan lain berupa masker, hand sanitizer, dan alat pelindung diri untuk masyarakat. Khususnya bagi tenaga kesehatan.(yog)

Sleman