RADAR JOGJA – ┬áDalam sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Polsek Cangkringan dengan mengungsung gerakan mari berbagi membagikan kebutuhan pokok kepada warga di Kapanewon Cangkringan. Selain itu juga edukasi tentang tujuan kebijakan PPKM Darurat.

Kapolsek Cangkringan, AKP Nidia Ratih menuturkan gerakan ini merupakan inisiasi jajarannya. Sosialisasi PPKM Darurat tak cukup dengan edukasi aturan. Tapi juga pendekatan yang lebih humanis kepada masyarakat.

“Gerakan mari berbagi ini bertujuan memberikan penjelasan penerapan aturan PPKM Darurat. Memotivasi agar bisa berbagi untuk membantu meringankan beban masyarakat,” jelasnya, Rabu (14/7).

Gerakan mari berbagi ini sendiri bersumber dari solidaritas seluruh anggota Polsek Cangkringan. Wujudnya adalah 25 paket kebutuhan pokok. Untuk kemudian didistribusikan ke warga yang membutuhkan yang ada di 5 Kalurahan di Kapanewon Cangkringan.

Dalam kesempatan ini dia mengajak masyarakat saling peduli. Terutama kepada warga yang terpapar Covid-19. Hingga akhirnya menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Tetangga kanan kiri adalah yang paling paham kondisi kesehatan lingkungannya. Jadi kalau ada warga yang positif Covid-19 jangan dijauhi. Justru harus dibantu, seperti memenuhi kebutuhan pokok selama menjalani isolman,” katanya.

Gerakan saling membantu ini dapat meningkatkan imunitas. Warga yang terpapar dapat lebih fokus dalam penyembuhan diri. Selain itu juga tidak tertekan secara psikis karena tak ada penolakan dari tetangga.

“Tapi kami berharap agar semua masyarakat tetap sehat. Ingat harus patuh dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Terapkan 5M dan patuhi aturan pemerintah selama PPKM Darurat,” ujarnya. (dwi/sky)

Sleman