RADAR JOGJA – Mantan Kapolres Sleman yang baru saja dimutasi, AKBP Anton Firmanto menyampaikan salam perpisahan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman beberapa waktu lalu. Kini, perwira dua melati di pundak mengemban tugas baru sebagai Waka Polresta Bandara Soetta, Tangerang, Banten.

Sementara jabatan Kapolres Sleman baru akan diemban oleh AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Bantul. “Selama satu tahun saya bertugas di Kabupaten Sleman, apabila ada segala kesalahan mohon dimaafkan,” ujarnya, saat memberikan sambutan, pisah sambut Kapolres Sleman di Pendopo Parasamya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Jumat (11/6).

Dikatakan, saat bertugas sebagai Kapolres Sleman, banyak tantangan yang dia hadapi. Sebab, kabupaten ini memiliki wilayah yang cukup luas dan memiliki jumlah penduduk cukup padat. Sehingga tingkat kerawanan kejahatannya pun cukup tinggi.

Selama kepemimpinannya, Polres Sleman menuai beberapa prestasi dan memperoleh penghargaan nasional. Di antaranya, Polres Sleman meraih predikat wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) 2020. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kemudian, Polres Sleman menjadi 12 Polres terbaik dalam hal pelayanan publik dari Kemenpan RB. Dan terakhir Polres Sleman mendapatkan predikat Polres terbaik, dengan kriteria rawan konflik pelaksanaan Indeks Tata Kelola (ITK) Polri Online tingkat Polres tahun 2020. “Penghargaan tersebut, berkat kerjasama mewujudkan yang terbaik,” katanya.

Kegiatan pisah sambut dihadiri oleh jajaran Forum Kounikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sleman. Dalam kesempatan itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengapresiasi kinerja, Anton yang kini menyandang status mantan Kapolres Sleman itu. Dia juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas keberhasilannya dalam memimpin dan berhasil meraih berbagai penghargaan tersebut.

Menurut Kustini, hal ini memiliki arti besar bagi Pemerintah kabupaten Sleman. Dia juga berterimakasih atas perannya dalam upaya pengendalian Covid-19 di Kabupten Sleman, melalui gugus tugas. “Semoga dalam mengemban tugasnya yang baru, AKBP Anton Firmanto lebih sukses lagi,” harap Kustini.
Diakhir kesempatan itu, Jajaran Forkompimda diwakili Bupati Sleman dan AKBP Anton Firmanto, saling menukar cinderamata. (mel/bah)

Sleman