RADAR JOGJA –  Badan Narkotika Nasional (BNN) mengadakan program ketahanan keluarga anti narkoba bersama dengan kalurahan Condongcatur Selasa (7/6).

Kegiatan  ini dihadiri secara langsung oleh Lurah Condongatur, Pik AIR, satgas anti narkoba, BKR (Bina Keluarga Remaja), IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat) tim rehabilitasi dari desa, PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) desa, Penyuluh KB (Keluarga Berencana).

Selain itu BNN juga mendatangkan langsung padukuhan Kayen dan padukuhan Gandok untuk mengsosialisasikan secara langsung manfaat dari kegiatan ini agar masyarakat juga dapat menerapkannya.

Penyuluh Narkoba Ahli Muda, Irindra Septiwahyuningrum menuturkan, program yang terkait dalam ketahanan keluarga anti narkoba ini terdiri dari dua kegiatan, pertama  mencegah dan kedua  memberdaya, program ini diawali dengan intervensi ketahanan keluarga anti narkoba serta  untuk membentuk teman sebaya anti narkotika.

“Untuk kegiatannya yaitu mencegah dan memberdaya itu banyak, jadi daya masyarakat itu lebih ke peran serta masyarakat. Lalu untuk kegiatan cegah ada advokasi dan IE (informasi dan edukasi)”,ujarnya.

Irindra menambahkan program ini baru diaplikasikan pada 3 negara di dunia  yaitu Indonesia Kamboja dan Filipina, program ini meliputi kelas keterampilan hidup dan komunikasi keluarga.

“Kegiatan nidiharapkan dapat memberikan dampak dan perubahan positif terhadap masyarakat setempat,”jelasnya. (Om5/sky)

Sleman