RADAR JOGJA РSatuan Lalu Lintas Polres (Satlantas) Sleman bersama Dinas Kesehatan Sleman melaksanakan razia sekaligus tes antigen kepada pengendara  yang akan keluar dari Jogjakarta. Tepatnya di pintu perbatasan Tempel dengan Magelang Jawa Tengah. Langkah ini sebagai antisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) oleh para pelaku perjalanan.

Kasatlantas Polres Sleman AKP Anang Tri Novian menuturkan sasaran dari swab antigen adalah acak. Secara khusus menyasar pengendara yang belum memiliki surat keterangan bebas Covid-19. Baik kepada pengendara roda 2 maupun roda 4.

“Sasarannya pelaku perjalanan yang keluar Jogjakarta agar tak ada penyebaran (Covid-19). Untuk yang masuk Jogjakarta juga sudah dirapid dari Polda Jateng,” jelasnya ditemui di Pos Penyekatan Operasi Ketupat Progo 2021 Kapanewon Tempel, Senin (17/5).

Swab antigen acak, lanjutnya, berlangsung sejak Minggu (16/5). Tepatnya setelah masa pelarangan mudik libur lebaran hampir berakhir. Sebelumnya uji kesehatan bebas Covid-19 ini berlangsung di pos penyekatan Prambanan.

Berdasarkan data, ada 3 pengendara yang positif terhadap swab antigen. Tepatnya 2 pengendara terjaring di pos penyekatan Prambanan dan 1 pengendara di pos penyekatan Tempel. Pasca temuan kasus, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sleman.

“Langsung koordinasi dengan Dinkes Sleman. Kemarin yang di Prambanan ditangani ke RS Bhayangkara. Itu semua yang mau keluar dari Jogjakarta,” katanya.

Tak hanya kawasan perbatasan dengan Jawa Tengah. Satlantas Polres Sleman juga melakukan uji kesehatan di lokasi wisata. Tepatnya objek wisata Kaliurang.

“Tempat wisata ini juga potensi kerumunan dan didatangi orang dari berbagai wilayah. Sehingga kami lakukan swab antigen secara acak juga disana,” ujarnya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman Novi Krisnaini menuturkan swab antigen berlangsung simultan. Harapannya para pelaku perjalanan yang akan keluar dari Jogjakarta bersih dari Covid-19. Sementara untuk jangka waktu berlaku 1x 24 jam.

Terhadap temuan kasus positif Covid-19, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinkes daerah tujuan. Tepatnya di wilayah perbatasan Magelang dan Klaten Jawa Tengah. Untuk kemudian ditindaklanjuti dengan isolasi di shelter maupun rumah sakit.

“Kami teruskan ke surveilance Dinkes di Magelang, untuk yang temuan di Tempel. Sementara kalau untuk total antigen, kemarin 561 kit kalau hari ini 150 kit,” katanya.(dwi/sky)

Sleman