RADAR JOGJA-  Sektor pariwisata adalah salah satu lini industri yang dianggap mampu menggerakkan kembali roda perekonomian bangsa. Walaupun sama-sama terpuruk seperti ragam industri lainnya, sektor pariwisata yang didalamnya terdapat kelompok-kelompok UMKM dan orang-orang kreatif ini mampu berkembang dengan inovasi-inovasi baru.

Taman Wisata Tebing Breksi salah satunya. Tebing peninggalan penambang batu breksi yang berlokasi di Dusun Groyokan, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman ini menggabungkan keanekaragaman spot wisata yang dimilikinya menjadi sebuah rangkaian yang menarik.

Untuk membangkitkan industri pariwisata di masa pandemi Covid-19 ini, BUMDES Sambimulyo bersama pengelola Taman Wisata Tebing Breksi Lowo Ijo, mengadakan Event Merakit Breksi ( Merayakan Senja di Tebing Breksi) yang akan dimulai tanggal 23 April sampai dengan 9 Mei 2021.

Event ini adalah sebagai ruang untuk berbagi karya dan media transaksi bagi pelaku UMKM. Sehingga nanti diharapkan bisa memberikan dampak peningkatan kunjungan wisatawan ke Tebing Breksi.

Trip wisata Merakit Senja menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang tiada duanya. Di Tebing Breksi yang memiliki ketinggian 200 mdpl ini, pengunjung dengan leluasa melepaskan pandangan ke arah Kota Jogjakarta berlatar warna emas matahari terbenam.

Merakit Breksi dimulai tanggal 23 April 2021 dengan Kick off Ceremony dengan dialog interaktif dengan tema ” Strategi Tebing Breksi sebagai destinasi wisata alam di masa pandemi,” bersama GKR Bendara, Kepala Dinas Pariwisata DIJ Singgih Raharjo, Kepala Desa Sambirejo Wahyu Nugroho, Ketua Lowo Ijo Kholiq Widiyanto dan Direktur BUMDES Sambimulyo Giyatno.

GKR Bendara sangat mengapresiasi semangat dan kinerja para pengurus Tebing Breksi. Bendara mengatakan bahwa kolaborasi antar desa wisata kini sangat diperlukan. ” Wisatawan bisa menikmati keindahan alam desa wisata dengan venue yang berbeda dan tentunya saling suport,” katanya.

GKR Bendara juga mengingatkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan. ” Kedepan saya juga berharap akan ada banyak wisatawan asing berkunjung kesini dengan adanya bandara Internasional yang baru,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata DIJ, Singgih Raharjo berharap dengan adanya kegiatan event ini bisa meningkatkan pengunjung saat masa liburan Lebaran 2021.

Setiap hari akan digelar pasar UMKM binaan BUMDES Sambimulyo, parade komunitas foodtruck dan paket buka bersama di Restauran Balkondes.

Untuk Sabtu Minggu akan digelar pentas seni tradisional di Kedung Punokawan dan Creative Community Showcase di Kopi Breksi & Mahika Ayu Stage.

“Breksi adalah destinasi wisata favorit dengan alam terbuka yang selalu berinovasi,” katanya.

Direktur BUMDES Sambimulyo Giyatno mengatakan akan terus bersinergi dengan pemerintah dan para pengurus Lowo Ijo, dan tentunya akan membuat inovasi terbaru untuk mendongkrak angka kunjungan ke Tebing Breksi. ” Kami juga akan memberikan pelayanan yang terbaik dan akan menerima kritik saran yang membangun,” ujarnya. (obi/sky)

Sleman