RADAR JOGJA – Lapas Kelas IIB Sleman atau yang terkenal dengan nama Lapas Cebongan menggelar kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada 30 orang, menyasar  warga kurang mampu secara ekonomi, para lansia, dan janda.

Kegiatan berlangsung di wilayah sekitar lapas yakni Mushola Al Ikhlaash, Bedingin Wetan RW 35 Jumat pagi (16/4).

Kepala Lapas Cebongan Kusnanto mengatakan, bakti sosial yang diselenggarakan merupakan salah satu dari rangkaian menyambut  Ke-57 yang jatuh pada 27 April mendatang.

Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi pihak Lapas Cebongan dengan warga sekitar, khususnya yang tinggal di wilayah selatan Lapas. “Mudah-mudahan bermanfaat. Jangan dilihat dari isinya. Ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk sedikit meringankan beban masyarakat yang saat ini juga masih merasakan dampak dari Pandemi.

Pelaksanaan kegiatan juga telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran dari Pemerintah. Yakni dengan menjaga jarak, mencuci tangan atau dengan menggunakan Hand Sanitiser, dan wajib menggunakan masker,”katanya.

Kusnanto berharap dengan adanya bakti sosial ini, baik pihak Lapas ataupun warga dapat belajar berbagi dengan ikhlas. “Sebagian apa yang kita miliki dari rejeki kita sejatinya ada hak untuk orang lain,” ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya bersama Jajaran Pejabat Struktural dan Staf Lapas Cebongan yang hadir pada kesempatan tersebut akan berupaya mengagendakan secara rutin kegiatan sosial seperti ini. “Minimal setiap peringatan hari besar keagamaan kami akan adakan baksos,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua RT 05 Bedingin Wetan yang juga merupakan Pengurus Mushola Al Ikhlaash Sumarjono mewakili warga mengucapkan terima kasih atas apa yang telah diberikan pihak Lapas kepada warga RW 35.

“Kami berterima kasih atas paket sembako yang diberikan. Bantuan ini akan kami gunakan sebaik mungkin,” katanya. (naf/sky)

Sleman