RADAR JOGJA – Kepala Lapas Kelas IIB Sleman Kusnan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat, terkait vaksinasi kepada para penghuni lapas. Dia terus mengusahakan agar seluruh penghuni sel tahanan bisa mendapatkan suntikan vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hanya saja pihaknya belum mengetahui secara pasti hasilnya. Baginya para tahanan tetap berhak mendapatkan suntikan vaksin. Terlebih potensi sebaran Covid-19 tak mengenal waktu dan lokasi.

“Karena warga binaan itu adalah manusia juga. Yang jelas intinya kami akan memperjuangkan untuk para warga binaan kami untuk ikut di vaksinasi demi keselamatan,” jelasnya ditemui di Lapas Cebongan, Selasa (6/4).

Untuk sementara ini penerima vaksin fokus ke petugas Lapas Cebongan. Tercatat seluruh 118 petugas lapas telah menerima vaksin tahap pertama. Sementara untuk tahap kedua masih menunggu pemberitahuan dari Dinas Kesehatan Sleman.

“Sudah ada komunikasi dengan pihak gugus tugas kabupaten jadi sementara masih petugas dulu. Total petugas lapas 118 orang semua sudah divaksin tahap pertama. Tahap dua masih nunggu giliran nanti,” katanya.

Langkah antisipasi telah disiapkan pihak lapas Cebongan. Berupa fasilitas isolasi bagi penghuni baru. Sebelum masuk ke sel tahanan, wajib menjalani isolasi selama 14 hari.

Kebijakan ini guna menyikapi kondisi diluar tembok lapas. Terlebih tahanan baru datang dari luar lingkungan lapas. Artinya ada potensi membawa dan menularkan Covid-19 ke penghuni lapas.

“Itu gunanya dipakai tahanan yang baru masuk. Biasanya sesuai dengan protokol kesehatan itu 14 hari. Transit dulu, tidak boleh kemana-mana dan tidak boleh berbaur dengan tahanan lama,” ujarnya.

Keberadaan fasilitas ruang isolasi bukanlah hal baru. Kusnan menjelaskan bahwa fasilitas ini telah ada sejak dulu. Perbedaannya adalah dalam penerapan protokol kesehatan.

“Dulu sebelum Covid-19, bisa ada kegiatan, tahanan diperbolehkan keluar. Terus kami bisa memberikan arahan-arahan, tapi kalau sekarang arahan itu setelah dua minggu. Takutnya ada gejala-gejala,” katanya. (dwi/sky)

Sleman