RADAR JOGJA – Pandemi Covid-19 membawa dampak yang cukup besar pada sektor perekonomian. Salah satu dampaknya juga cukup dirasakan para pelaku usaha furnitur dan kerajinan tangan.

Menindaklanjuti hal ini,  Sleman City Hall  bersama Koperasi Asmindo Nasional (Kopasnas), dan Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO)  Jogjakarta menyelenggarakan acara Jogja Recovery Market  (JRM). Kegiatan berlangsung di lantai Ground Floor SCH selama tiga bulan sejak 24 Maret 2021 hingga 24 Juni 2021.

Public Relations Sleman City Hall Uray Dewi menjelaskan, Jogja Recovery Market merupakan pameran furniture dan craft terbesar dan terlengkap di Jogjakarta. Rencananya grand opening akan dilaksanakan Sabtu (3/4).

“Kami optimistis UMKM dapat mendorong perekenomian lokal dikala pandemi. Produk-produknya sendiri juga tidak kalah saing dengan brand besar, baik dari sisi kualitas maupun autentitas,” katanya.

Perempuan yang akrab disapa Cici ini mengungkapkan, pihaknya telah menyediakan area seluas 3.000 meter persegi dengan fasilitas lengkap dan telah sesuai standar protokol kesehatan yang dapat memberikan kenyamanan serta keamanan pengunjung selama melihat dan melakukan transaksi pembelian di area pameran.

Sementara itu Ketua Panitia JRM Ema Kartikasari menuturkan, sebanyak 39 eksibitor se-DIJ dan Jateng turut meramaikan pameran tersebut. Jogja Recovery Market memamerkan barang-barang seperti furniture, handicraft, home deco, fashion batik, dan eco print. Selain itu ada juga design talk, dan mini workshop tentang membuat jewelleries dan eco print.

Mengusung tema Penjaga Api Kehidupan Pasca Pandemi Ema menegaskan  bahwa,” Kelangsungan usaha UMKM perlu dijaga layaknya sebuah api kehidupan yang terus harus menyala ditengah badai,”katanya.

“Untuk anak-anak dan pengunjung kami siapkan lomba menggambar, mewarnai, lomba foto, dan video. Cukup dengan menggunakan kamera hp,” jelasnya dalam bincang santai yang digelar di SCH Selasa (30/3).

Turut Hadir dalam acara bincang santai sebagai pembicara Tenaga Ahli Bidang Furniture Kemenkop UKM Endro Wardoyo, Ketua Asmindo Komda DIJ Timbul Raharjo, Penasehat DPP Asmindo Robby Kusumaharta, dan Dirut PT Garuda Mitra Sejati Soekeno. (naf/sky)

Sleman