RADAR JOGJA – Pemerintah Kalurahan Condongcatur, Depok, Sleman terus menggaungkan aplikasi belanja online pasar desa setempat. Hal itu sebagai upaya, mengangkat pasar tradisional di tengah perkembangan pasar modern dan marketplace. Sekaligus solutif berbelanja di tengah pandemi Covid-19.

“Aplikasi ini wilayah jangkauannya masih terbatas. Kendati begitu, masih diminati,” ungkap Admin Pasarkolombo.id Eli Alaika, dihubungi Minggu (22/3).

Eli menjelaskan, aplikasi ini belum mampu menjangkau wilayah lebih luas. Masih sekitaran kalurahan. Namun, setiap harinya masih dikunjungi pelanggan untuk berbelanja melalui aplikasi online. Baik belanja kebutuhan dapur maupun peralatan rumah tangga. “Sudah ada peminatnya, rata-rata kalangan ibu rumah tangga. Berbelanja skala besar untuk kebutuhan mingguan ataupun bulanan,” ungkapnya.

Dikatakan, aplikasi ini belum sepenuhnya menjadi andalan pedagang pasar. Sebab, mayoritas pembeli masih berbelanja langsung. Tetapi pedagang secara mandiri juga berjualan melalui online dengan mengoptimalkan media sosial (medsos) dagang masing-masing.

Sebelumnya, Lurah Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji mengatakan, aplikasi ini mencangkup seluruh pedagang pasar yang mencapai 450 pedagang los dan kios. Aplikasi ini menawarkan berbagai kebutuhan pokok sehari-hari. Seperti bumbu masak, snack, sayur, ikan dan ayam segar, dan produk kebutuhan rumah tangga lainnya, seperti sapu, pakaian dan lain-lain.

”Penggunaan aplikasi ini cukup simpel. Tinggal kunjungi web-nya, masukkan nama dan alamat serata pilih kebutuhan belanja. Sebagaimana aplikasi belanja lainnya,” jelasnya. (mel/bah)

Sleman