RADAR JOGJA – Ditlantas Polda DIJ terus melakukan inovasi dalam pelayanan publik. Memanfaatkan kemajuan teknologi untuk sejumlah registrasi administrasi. Seperti E Form SIM, E Samsat hingga SIM Drive Thru. Ketiganya berlaku efektif mulai hari ini di wilayah administrasi Jogjakarta.

E-Form SIM sendiri adalah cara mudah perpanjangan SIM. Pemilik SIM tak perlu mengantri di Kantor Satpas Polres, Polresta maupun Ditlantas. Cukup melakukan pendaftaran melalui website milik Ditlantas Polda DIJ.

“Cukup mengisi formulir melalui website Ditlantas Polda DIJ. Setelah dikirim balik nanti dapat kode unik. Nah ini nanti yang ditunjukan ke Satpas untuk pencetakan SIM. Tapi hanya berlaku untuk perpanjangan SIM,” jelas Kabid Humas Polda DIJ Kombes Pol Yuliyanto ditemui di Mapolda DIJ, Selasa (23/3).

Yuliyanto menambahkan, program ini juga sejalan dengan adanya SIM Drive Thru. Seluruh data diisi melalui website Ditlantas Polda DIJ. Bedanya proses mengambil SIM tak perlu hingga Satpas. Pemilik SIM cukup datang ke Lippo Mall.

Dilokasi tersebut, pengaju SIM cukup menunjukan kode unik yang didapat. Setelahnya mengikuti tahapan pengambilan foto dan sidik jari. Proses ini bisa dilakukan tanpa harus turun dari kendaraan.

Tidak perlu turun dari kendaraan, cukup menghadap kamera lalu tekan sidik jari dan tanda tangan dari atas kendaraan. Saat ini baru tersedia di Lippo Mall.

Program terakhir adalah E-Samsat. Adaptasi teknologi kali ini untuk mempermudah pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor. Pembayaran cukup melalui sistem transfer ke bank rekanan. Dalam hal ini adalah BPD DIJ.

Pembayaran pajak tahunan juga bisa melalui aplikasi uang digital. Tepatnya melalui Go Pay. Pembayaran juga memasukan kode yang tertera di masing-masing STNK.

“Tidak perlu ke Samsat Corner tapi bisa melalui ATM BPD DIJ. Tapi kedepan kami sedang berproses dengan bank lainnya. Kalau pencetakannya sudah ada di 27 titik di seluruh Jogjakarta,” tambahnya.(dwi/sky)

Sleman