RADAR JOGJA- Pemkab Sleman bekerjasama dengan Bank BPD Cabang Sleman meluncurkan Infak melalui QRIS kamis (4/3) di Masjid Agung Sleman. Launching secara simbolis Aplikasi Infaq  dimulai oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Kustini mengapresiasi peluncuran aplikasi infaq tersebut, menurutnya bentuk fasilitas pemkab kepada masyarakat Sleman. Dengan pemanfaatan teknologi infak dapat lebih efektif,praktis dan mudah.

“Saya berharap inovasi ini dapat diterapkan di masjid-masjid lain di wilayah Sleman dan Masjid Agung Sleman ini bisa menjadi pelopor dalam penerapannya”, katanya

Kustini menambahkan, “Bahwa aplikasi ini masih memerlukan penyempurnaan dan sosialisasi,”tambahnya.

Ia  juga berharap takmir masjid dapat membuka masjid untuk khalayak umum dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pimpinan BankBPD DIY Cabang Sleman Efendi Sutopo Yuwono menjelaskan, bahwa transaksi non tunai yang diluncurkantersebut menggunakan QRIS.

QRIS ialah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia. QRIS telah dimanfaatkan di pasar, mall,tempat wisata.

“Dana Infak  akan langsung masuk kerekening tabungan masjid yang bersangkutan  secara real time, tanpa jeda,  dan rekapitulasi dapat di saat itu juga.

Hal ini pasti akan memudahkan takmir masjid saat menghitung uang infak karena mengurangi kontak diantara masyarakat. Selain itu infak dapat dilakukan tanpa harus datang ke Masjid,”ujarnya. (om1/sky)

Sleman